CiriCara: 8 Cara Menentukan Tanggal Pernikahan

by
May 18th, 2012 at 8:43 am

Memilih tanggal untuk pernikahan yang tepat bagi pasangan yang ingin melangsungkan pernikahan tidaklah mudah. Banyak hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih tanggal pernikahan. Agar pernikahan berjalan sukses dan lancar, penentuan tanggal pernikahan yang tepat sangatlah menentukan sukses tidaknya pesta pernikahan Anda. Tentunya dalam menentukan tanggal ada baiknya dirundingkan terlebih dahulu secara bersama-sama dengan pasangan Anda dan keluarga. Oleh karena itu, berikut di bawah ini ada beberapa cara untuk menentukan tanggal pernikahan Anda agar tidak salah dalam memilih nya:

1. Tentukan waktu dengan pasangan kapan bisa meninggalkan pekerjaan. Anda dan pasangan bisa mengajukan cuti bersama-sama pada tanggal yang telah ditentukan. Setelah itu Anda bisa memulai menyicil pekerjaan satu demi satu agar pekerjaan tidak menumpuk setelah itu.

2. Anda dapat menentukan tanggal yang pas yang menurut Anda dan pasangan cukup dalam mempersiapkan pernikahan. Pada umumnya waktu untuk mempersiapkan sebuah pesta pernikahan yaitu 8 hingga 12 bulan.

3. Setelah menentukan tanggal, Anda harus segera mencocokan tanggal dengan tempat resepsi dan akad/pemberkatan yang telah ditentukan apakah ada tempat atau tidak. Apabila tempat yang Anda tentukan tidak tersedia, tidak sesuai dengan tanggal yang Anda dan pasangan inginkan Anda bisa menanyakan tanggal berapa saja tempat tersedia.

4. Untuk yang merencanakan pesta pernikahan dengan bertemakan taman atau outdoor sebaiknya jangan memilih tanggal pada saat musim hujan tiba. Tentukan tanggal pernikahan di luar musim hujan.

5. Memilih tanggal sesuai dengan waktu musim bunga yang Anda sukai bisa dijadikan alternatif. Selain mengurangi pengeluaran, bunga yang Anda sukai pun pasti tersedia di musim itu untuk memenuhi kebutuhan dekorasi di resepsi pernikahan. Untuk mengetahui lebih banyak Anda bisa mencari tahu informasi nya lewat internet.

6. Setelah melangsungkan pernikahan banyak pasangan yang ingin pergi untuk bulan madu. Anda dapat menentukan tanggal yang berdekatan dengan bulan madu Anda. Untuk tempat bulan madu tertentu biasanya mempunyai bulan-bulan apa saja yang cuaca dan iklim nya bersahabat sehingga Anda dapat menikmati bulan madu Anda tanpa terkendala oleh cuaca dan iklim.

7. Apabila Anda mau mengecilkan pengeluaran untuk pernikahan, Anda dapat memilih tanggal di luar bulan pernikahan, biasanya dari awal sampai pertengahan tahun. Kebanyakan pasangan yang akan menikah akan lebih banyak pada akhir tahun dibandingkan awal hingga pertengahan tahun.

8. Pilih tanggal jangan berdekatan atau pas dengan waktu ujian sekolah anak-anak ataupun liburan karena dapat memperkecil hadirnya saudara, teman, kerabat, dan para undangan di pesta pernikahan Anda.

Itulah 8 cara menentukan tanggal pernikahan untuk Anda yang ingin melangsungkan pernikahan. Tentukan mana hari yang paling baik karena semua kembali lagi pada keinginan dan kesepakatan Anda dan pasangan. :)

Comment di sini