Keanehan Penyakit Misophonia (Video)

by
May 18th, 2012 at 1:35 pm

Squidoo

Mungkin dari namanya saja kita bingung jenis penyakit apakah ini? Bagi sebagian orang yang belum mengetahui penyakit Misophonia, berikut adalah sedikit penjabarannya.

Penyakit Misophonia merupakan penyakit yang mengganggu tingkat kesensitifan saraf pada suatu bunyi tertentu sehingga si penderita dapat bereaksi aneh jika mendengar bunyi dari suara-suara yang membuat sarafnya sensitif. Hal ini tidak melulu terjadi pada suara yang terlalu keras bagi telinga, tapi juga bisa suara yang pelan sekalipun atau bahkan suara yang berulang-ulang.

Penyakit ini dapat disebut pula sebagai kebencian terhadap suara tertentu. Pemicu kesensitifan terhadap suara tertentu ini ialah unsur traumatik, atau kecemasan yang tinggi pada diri si penderita.

ABC News

Emma Riehl, seorang gadis yang sedang memasuki masa remaja harus menerima kenyataan karena ia mengidap penyakit ini. Dia menderita penyakit Misophonia, sehingga dia merasa bahwa hanya rumahlah tempat tersunyi dan yang paling cocok untuk dirinya.

Seringkali, suara yang sepertinya dianggap biasa oleh orang lain bisa membuatnya sakit, kadang sangat marah, dan sangat gelisah ketika suara itu berulang kali terdengar di telinganya, misalnya: suara orang batuk di restoran, suara orang mengunyah makanan atau suara tangisan yang tersedu-sedu.

Menurut Lembaga Misophonia di Inggris, belum ada obat yang mampu menyembuhkan penyakit ini. Bagi para penderitanya, melakukan terapi secara berkala sangat disarankan. Memang penyakit ini seringkali menyerang anak-anak yang menginjak usia belasan atau di masa-masa awal remaja seperti Emma Riehl. Para penderita Misophonia sangat dilarang untuk kelelahan, kelaparan dan terlalu stres karena hal-hal tersebut dapat memperparah kesensitifan saraf pendengarannya.

Berikut adalah video dari Emma Riehl yang diambil dari ABC News.


 

Comment di sini