Kenapa Wanita Pilih Bertahan Dalam Hubungan Bermasalah?

by
May 18th, 2012 at 11:44 am

Kekerasan dalam rumahtangga sering terungkap oleh polisi setelah jatuhnya korban jiwa. Ini disebabkan masih banyak wanita atau istri yang memilih diam dan bertahan meski hubungannya tidak baik. Lalu apa alasan wanita memilih bertahan daripada cerai?

Logikanya seseorang akan segera menghindar dan menjauh jika hubungan yang dijalin sudah bermasalah. Apalagi jika sudah menjurus ke kekerasan fisik. Namun kenyataannya masih ada saja wanita yang memilih bertahan.

Berikut alasan wanita bertahan meski hubungannya bermasalah:

1. Tidak mau jadi janda

Para wanita akan merasa malu jika orang lain tahu kalau rumahtangganya bermasalah. Mereka juga merasa malu jika nantinya mereka menyandang status janda. Itulah sebabnya mereka lebih memilih bertahan daripada harus menanggung malu karena jadi janda karena bercerai.

2. Masalah anak

Bagi mereka yang sudah punya anak akan cenderung lebih mementingkan kepentingan anaknya. Seorang wanita memilih bertahan saat hubungan bermasalah karena tidak ingin membuat masa depan anaknya jadi hancur. Karena perceraian bisa membuat sang anak depresi dan bingung harus ikut dengan siapa jika mereka bercerai.

3. Terlanjur

Kata ini sering dijadikan alasan kenapa wanita memilih bertahan dalam hubungan yang bermasalah. Terlanjur cinta, terlanjur sayang dan terlanjur merasa nyaman membuat banyak wanita enggan meninggalkan hubungan yang bermasalah tersebut.

4. Tidak berani mencoba

Wanita memilih bertahan di hubungan bermasalah karena tidak berani mencoba hubungan yang baru. Hubungan yang sudah gagal membuat mereka takut mengalami kegagalan yang kedua kalinya, jika mereka menjalin hubungan baru. Itulah sebabnya mereka lebih memilih bertahan dan berharap hubungannya bisa semakin membaik.

5. Masalah ekonomi

Banyak wanita yang memilih bertahan dan hanya bisa pasrah di hubungan yang bermasalah. Mereka cenderung diam dan pasrah karena mereka tidak punya kekuatan ekonomi. Keuangan yang kurang membuat wanita lebih memilih menggantungkan diri pada suaminya. Lain halnya jika tipe wanita karir mereka lebih berani minta cerai dari suaminya karena merasa sudah mapan.

Itulah beberapa alasan kenapa wanita memilih bertahan dalam hubungan yang bermasalah. Semua alasan tersebut lebih didominasi oleh rasa takut dan malu dalam diri si wanita tersebut. Padahal jika terus dibiarkan maka ini akan semakin buruk.

Comment di sini