Penelitian: Minum Kopi Bikin Awet Muda

by
May 18th, 2012 at 1:11 pm

Pecinta minuman hitam ini tidak perlu ragu lagi untuk meminum kopi. Menurut sebuah jurnal kesehatan, New England Journal of Medicine, menyatakan bahwa peminum kopi sejak usia 13 tahun memiliki resiko kematian yang lebih rendah dibanding mereka yang tidak meminum kopi. Tentu saja ini adalah kabar baik.

Studi ini menyebutkan bahwa orang yang meminum kopi memiliki perlindungan lebih dari kematian yang disebabkan oleh penyakit spesifik seperti penyakit jantung, stroke, gangguan pernapasan, kecelakaan, infeksi dan diabetes.

Sayangnya, kopi tidak memberikan perlindungan terhadap kanker.

Penelitian yang dilaksanakan oleh National Cancer Institue dan AARP ini menemukan bahwa meminum dua sampai tiga cangkir kopi dalam sehari dapat menurunkan resiko kematian hingga 10 persen. Seorang profesor dari Universitas Harvard, Frank Hu, bahkan kaget saat mengetahui bahwa ternyata kopi memberi manfaat yang lebih dari pada dampak negatifnya.

Seorang ahli jantung Steve Nissen dari Klinik Cleveland mengemukakan bahwa hasil studi itu tidak akurat dan dipandang menyesatkan karena faktor lain juga harus diperhatikan misalnya darah tinggi dan kolesterol. Nissen juga menegaskan bahwa penelitian ini tidak ilmiah dan masyarakat seharusnya tidak percaya dan mengabaikan temuan ini.

Penulis penelitian tentang kopi ini, Neal Freedman, menegaskan bahwa dirinya tidak menyebut kopi sebagai faktor penentu panjang umur. Dia juga mengatakan bahwa dia tidak merekomendasikan siapapun untuk meminum kopi agar panjang umur karena hasil temuannya ini namun dia juga menegaskan bahwa dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kopi tidak memotong usia peminumnya.

Penelitian ini belum menjawab pertanyaan para ilmuwan mengenai kopi. Freedman menegaskan bahwa minuman yang mengandung lebih dari 1000 senyawa ini masih memiliki kemungkinan untuk mempengaruhi resiko kematian walaupun belum ada penelitian lanjutan tentang hal ini.

Comment di sini