Penafsiran Lagu dan Video Klip “Judas” Milik Lady Gaga

by
May 18th, 2012 at 2:53 pm

iMusic Daily

Lady Gaga tak henti-hentinya membuat kontroversi di setiap karya-karya dan juga penampilannya. Dia sudah banyak menuai berita miring dari khalayak ramai, tapi tak sedikit pula yang masih setia menjadi penggemarnya.

Satu lagi berita mengenai album Lady Gaga yang berjudul Born This Way. Dalam album ini ada sebuah lagu yang berjudul “Judas”. Video klip untuk lagu ini sangat mengundang perhatian lebih dari khalayak ramai karena video klip ini penuh dengan simbol yang tidak secara umum dapat dimengerti oleh orang-orang.

Menanggapi hal tersebut Lady Gaga menuturkan bahwa dirinya memang sengaja membuat karya-karya yang mengundang banyak interpretasi dari pendengarnya. Menurut Gaga, sebuah karya seni itu haruslah berisi dengan tafsiran-tafsiran yang tersembunyi.

Untuk video klip “Judas” ini, Gaga memberikan tafsiran miliknya tentang alur cerita dari klip tersebut. Intinya, dalam video klip “Judas” ini, Gaga menggambarkan seorang wanita yang masih sangat mencintai mantan kekasihnya dan tidak bisa melupakan masa lalunya, meskipun wanita ini sudah mencintai orang lain bahkan sudah menjadi sepasang kekasih. Bagi beberapa orang, video klip “Judas” ini dinilai memakai unsur salah satu agama, dimana Gaga jelas-jelas memakai nama-nama tokoh agama tersebut seperti: Judas, Jesus dan Mary Magdalene.

Namun, Lady Gaga membantah hal itu. Dia berdalih dengan mengatakan bahwa klip ini lebih mengarah kepada mengangkat nilai-nilai sosial daripada nilai-nilai suatu agama. Berikut inilah cerita dalam video klip “Judas”. Klip ini diawali dengan perjalanan geng motor bersama-sama yang dipimpin oleh Jesus, kekasih Lady Gaga (Mary Magdalene). Dalam perjalanan tersebut, Mary Magdalene kerap kali menoleh ke belakang hanya untuk melihat Judas yang menunjukan kalau Mary Magdalene masih mencintai Judas.

The Lady Gaga Examiner

Kemudian terdapat adegan Gaga (Mary Magdalene) bermandikan air, dimana air dimaksudkan untuk menyucikan dirinya karena dia merasa berdosa telah berkhianat kepada kebaikan Jesus. Pada bagian akhir dari video klip ini, Gaga tetap digambarkan meninggal karena perbuatannya yang penuh dosa.

The Lady Gaga Examiner

Entah bagaimana penafsiran para pendengarnya, namun, menurut Lady Gaga begitulah sebenarnya alur cerita yang dia maksudkan dari video klip “Judas” yang dibuatnya pada tahun lalu itu.

The Lady Gaga Examiner

Comment di sini