Unik! Di China Ada “Telur Anak Perawan” Yang Direbus Pakai Urine

by
May 18th, 2012 at 3:59 pm

Di China Timur tepat di Kota Dongyang terdapat sebuah jajanan tradisional bernama “telur anak perawan”. Sesuai dengan namanya, jajanan ini terbuat dari telur seperti biasanya hanya saja air merebusnya berbeda. Ya, telur ini direbus menggunakan urine (air kencing) manusia.

Jajanan tradisional ini dibuat oleh orang yang tinggal di pesisir Provinsi Zhejiang. Penduduk di sana setiap kali jam anak sekolah dasar (SD) pulang sekolah mereka selalu sibuk. Mereka datang ke sekolah anaknya bukan untuk menjemput anaknya tapi mengambil air seni (urine) yang ditampung di ember di toilet sekolah tersebut.

rush.It

Air seni yang terkumpul tersebut nantinya digunakan untuk merebus telur untuk membuat “telur anak perawan”. Air seni yang dipakai tidak sembarangan, hanya air seni anak laki-laki berusia dibawah 10 tahun saja yang dipakai.

Para pembuat “telur anak perawan” ini percaya telur buatan mereka itu menyehatkan. Bahkan, katanya telur tersebut bisa menjegah terjadinya stroke. “Telur yang dimasak dalam air seni beraroma wangi,” kata Ge Taohua, salah seorang pedagang “telur anak perawan”.

Cara membuat “telur anak perawan” ini sebenarnya sama seperti cara membuat telur rebus biasa. Proses pembuatan dimulai dari merendam telur dan memasaknya hingga matang di dalam panci yang berisi air seni mendidih.

Meski telur sudah matang dan cangkang telur mulai retak, telur tetap direndam dalam air seni mendidih tersebut. Ini dimaksudkan agar telur tetap dalam kondisi panas. Agar tidak terlalu matang butuh teknik khusus dari penjual dalam mengatur besar kecilnya api saat memasak.

“Telur anak perawan” tersebut dijual dengan harga 1,50 yuan per butirnya. Harga ini lebih mahal tiga kali lipat dari harga telur rebus biasa. Telur ini sudah menjadi jajanan tradisional di Dongyang, China Timur sejak berabad-abad lamanya.

Konon “telur anak perawan” tersebut mempunyai citra rasa asin dan segar. Banyak warga Dongyang mengatakan kalau aroma dari telur yang direbus dengan air seni itu sangat wangi berbeda dari telur biasa.

Toko yang menjual “telur anak perawan” ini tidak hanya berada di kaki lima saja. Sejumlah toko besar juga sudah mulai menjual jajanan tradisional ini disetiap musim panas tiba. Jadi, bagi Anda yang tertarik mencobanya tidak usah bingung untuk mendapatkannya.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencoba jajanan yang unik dan aneh ini?

Comment di sini