CiriCara: Cara Aman Mengamati Gerhana Matahari Cincin

by
May 21st, 2012 at 10:03 am

Fenomena alam gerhana matahari cincin tentu menjadi salah satu fenomena yang menarik perhatian banyak orang. Rasa ingin tahu yang besar terkadang membuat banyak orang nekat melihat fenomena ini dengan mata telanjang. Padahal ini bisa berbahaya bagi kesehatan mata.

Sinar matahari baik sedang gerhana atau tidak bisa membuat retina mata mengalami kerusakan jika melihat secara langsung. Bahkan, melihat sinar matahari secara langsung bisa menimbulkan kebutaan temporer hingga permanen. Jadi berhati-hatilah jika ingin melihat gerhana matahari.

Berikut cara aman mengamati gerhana matahari cincin:

1. Pakai kacamata khusus

Kaskus

 

Kacamata ini dilengkapi dengan filter atau penyaring cahaya matahari agar intensitas cahaya berkurang saat sampai ke mata. Perhatikan kualitas filter cahaya agar Anda bisa memperikirakan berapa lama mata kita bisa bertahan. Filter yang tidak bagus hanya bisa memfilter cahaya beberapa detik saja. Jadi pilihlah kacamata dengan filter yang paling bagus. Biasanya kacamata ini di jual di toko astronomi dan di internet. Sebelum membeli pastikan dahulu keaslian dari kacamatanya. ;)

2. Pakai teleskop atau binokuler
 

Bagi Anda yang ingin melihat fenomena gerhana matahari dengan dua alat tersebut sebaiknya jangan lupa melapisinya dengan filter matahari. Anda juga bisa melihat dengan cara melihat proyeksi gerhana matahari. Caranya, arahkan lensa obyektif teleskop ke matahari dan arahkan bayangan yang muncul dari lensa okulernya ke sebuah kertas. Anda bisa melihat dan mengamati citra gerhana yang muncul di kertas bukan pada teleskopnya. Jadi, mata Anda akan tetap aman.

3. Membuat kamera lubang jarum (Pinhole)

Sky & Telescope

Cara membuatnya, siapkan kardus yang diberi lubang yang dilapisi kertas aluminium untuk mengaharkan sinar matahari. Pada bagian yang bersebrangan dengan sisi kardus yang dilubangi, tempatkan kertas berwarna putih untuk menampilkan proyeksi dari sinar matahari. Anda bisa mengamati fenomena gerhana matahari melalui citra sinar yang terpancar di kertas putih tersebut.

4. Pilih lokasi yang luas

Anda bisa memilih lokasi penilitian yang mempunyai dataran yang luas agar Anda bisa bebas bergerak bebas dan pastikan tidak ada yang menghalangi pandangan Anda. Pilihan lokasi yang bisa dipilih adalah di atas gedung yang tinggi, gunung atau pantai.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar proses pengamatan terhadap fenomena gerhana matahari tetap aman. Dengan cara di atas Anda tidak perlu khawatir akan mengalami kerusakan mata akibat cahaya matahari.