Khasiat Rahasia Kulit Semangka

by
May 21st, 2012 at 4:39 pm

Semangka adalah salah satu buah yang paling diminati di Indonesia. Kandungan airnya yang tinggi dengan rasa segar dan manis membuat buah ini cocok untuk cuaca panas seperti Indonesia.

Selama ini orang hanya memakan semangka pada bagian dengan warna yang mencolok seperti merah atau kuning. Sedangkan bagian putih atau kulitnya dibuang menjadi limbah. Padahal, bagian putih yang dekat dengan lapisan terluar mengandung antioksidan yang sangat tinggi dan bagus bagi kulit.

Empat mahasiswa dari UNY mencoba memanfaatkan lapisan putih semangka menjadi masker bagi kulit. Mereka adalah Galih Dian Setyaningrum, Hesty Kusumastuti, Niken Istikhari Muslihah dan Laila Dhunurain Rochmatika.

Kandungan sitrulin yang ada pada lapisan putih kulit sangat tinggi sehingga bagus untuk kulit. Perlu diketahui bahwa sitrulin adalah zat antioksidan yang ampuh.

Para mahasiswa ini mengambil kulit semangka karena harganya yang relatif terjangkau oleh masyarakat luas dan mudah dijumpai di berbagai daerah.

Memakai masker merupakan salah satu cara merawat kulit wajah karena dapat mengembalikan kesegaran, kelembaban, dan juga kehalusan kulit. Masker juga dapat membuka pori-pori yang tersumbat oleh kotoran, sisa make up dan juga debu. Memakai masker ini setiap hari dapat membuat otot-otot wajah menjadi lebih rileks serta mengangkat sel kulit mati.

Masker kulit semangka dapat dibuat dengan cara menjemurnya sampai kering kemudian digiling. Gilingan ini bisa diaduk dengan air atau campuran lidah buaya dan mentimun. Masker ini dapat digunakan 2 atau 3 kali dalam seminggu. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 sampai 20 menit. Setelah itu rasakan perbedaannya. Kulit akan terasa lebih lembut dan kencang.

Bagaimana? Mau mencoba membuat sendiri masker kulit semangka? Sayang kan kalau dibuang begitu saja?!

Comment di sini