Makanan yang Bikin Sakit Kepala

by
May 21st, 2012 at 5:16 pm

Sakit kepala terkadang datangnya sangat tidak terduga karena penyakit ini menyerang dengan tiba-tiba. Jika kamu mengalami sakit kepala, bisa jadi kamu sedang terserang flu atau kelelahan.

Sakit kepala pun ternyata bisa disebabkan oleh makanan yang kita asup sehari-hari. Jika ingin kegiatan tetap berjalan seperti biasa dan lancar, kamu harus waspada dengan makanan yang kamu asup.

Jika kita terserang sakit kepala, semua kegiatan dan jadwal bisa kacau. Untuk menghindari sakit kepala, kamu bisa menghindari makanan seperti berikut ini.

1. Zat pewarna


Hindari makanan dengan zat pewarna. Memang tidak semua zat pewarna dapat memicu sakit kepala, jika memang harus menggunakan zat pewarna pakai yang alami. Zat pewarna buatan cenderung membuat sakit kepala.

2. MSG


Monosodium Glutamat biasa terdapat pada makanan cepat saji dan seringkali ditambahkan pada makanan lain. Pemakaian berlebihan atau pada orang yang sensitif dapat menyebabkan reaksi sakit kepala.

3. Kopi


Kopi mengandung kafein yang sangat tinggi. Minuman ini juga bersifat asam. Sakit kepala cenderung terjadi jika seseorang meminum kopi ketika perut sedang kosong.

4. Minuman beralkohol


Alkohol dapat mempengaruhi pembuluh darah sehingga sirkulasi pun berkurang. Hal inilah yang menjadi penyebab sakit kepala. Jika meminum alkohol berlebihan, sakit kepala bisa terjadi berhari-hari.

5. Cokelat


Minuman cokelat ternyata juga bisa memicu sakit kepala. Faktanya minuman ini memiliki kandungan phenylethylamine dan theobromine yang cukup tinggi sehingga membuat pembuluh darah melebar dengan waktu cepat. Pelebaran pembuluh darah inilah yang membuat kepala terasa pusing.

6. Keju tua


Keju tua mengandung protein yang sangat tinggi. Kandungan protein yang sangat tinggi ini bila masuk ke dalam tubuh akan memicu tubuh memproduksi tiramin dalam jumlah yang cukup besar. Hal ini akan memicu penyempitan pembuluh darah sehingga membuat sakit kepala.

Nah, itu dia 6 makanan pemicu sakit kepala. Coba hindari makanan-makanan itu jika kamu ingin tetap sehat menjalankan aktifitas tanpa terganggu sakit kepala.

Comment di sini