Wow! Gerhana Matahari Cincin Muncul di Indonesia Pagi Ini

by
May 21st, 2012 at 8:33 am

Fenomena Gerhana Matahari Cincin akan terjadi pada Senin (21/5/2012) pagi ini waktu Indonesia. Ini adalah gerhana matahari yang terjadi untuk pertama kalinya di tahun 2012 ini. Namun sayang, tidak semua wilayah di Indonesia bisa melihat fenomena yang unik ini.

Berdasarkan informasi dari lembaga antariksa Amerika Serikat, NASA gerhana ini akan muncul di tiga wilayah dunia. Ketiga wilayah tersebut adalah wilayah Samudera Pasifik bagian utara, Asia Timur, dan bagian Amerika Serikat.

Menurut salah satu ahli dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin gerhana matahari terjadi pada Senin pagi ini. Ia mengatakan bahwa gerhana matahari bisa terlihat di Sulawesi, Papua dan Maluku. Gerhana akan mulai terlihat sejak matahari terbit sehingga kemungkinan besar wilayah tersebut akan gelap dalam waktu yang cukup lama di pagi harinya.

Gerhana matahari akan terjadi di bagian timur Indonesia. Gerhana matahari cincin diperkirakan akan terlihat sejak pukul 06.30 WIT. Dan hanya akan berlangsung selama kurang lebih 5 menit 46 detik saja.

Bagi Anda yang akan melihat gerhana matahari secara langsung diminta untuk berhati-hati. Pasalnya cahaya dari gerhana matahari cincin bisa merusak mata manusia. Disarankan untuk memakai kacamata penghalang sinar matahari jika ingin melihat langsung.

Di Indonesia sendiri gerhana matahari yang akan berlangsung adalah gerhana matahari sebagian bukan gerhana matahari cincin. Hal ini disebabkan karena posisi wilayah Indonesia tidak berada lurus dengan posisi Matahari dan Bulan, jadi yang terlihat hanya matahari tertutup sebagian saja.

Fenomena gerhana matahari cincin ini disebabkan karena posisi Bulan berada di tengah-tengah antara Matahari dan Bumi. Jadi, cahaya matahari yang akan menyinari Bumi terhalang oleh Bulan yang berada di tengah. Karena ukuran bulan lebih kecil dari matahari, maka sinar matahari akan terlihat seperti lingkaran cincin. Itulah sebabnya muncul fenomena gerhana matahari cincin (GMC).

Bagaimana sudah ada yang melihat belum fenomena gerhana matahari ini?

Comment di sini