CiriCara: Cara Ampuh Mengusir Stres

by
May 22nd, 2012 at 3:42 pm

Stres bisa dikarenakan oleh banyak faktor. Tidak terjadi hanya pada orang dewasa saja, baik laki-laki maupun wanita, stres juga dapat menyerang anak-anak, hanya intensitasnya saja yang berbeda dengan orang dewasa.

Stres pada orang dewasa umumnya disebabkan oleh pekerjaan yang menumpuk, problematika keluarga, keuangan, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, berikut kita bahas mengenai beberapa cara ampuh untuk mengusir stres:

1. Jauhkan pikiran negatif

Sebisa mungkin untuk tetap berpikir positif dalam menghadapi berbagai masalah. Mulai dari diri kita sendiri untuk mempunyai pikiran yang positif, karena dengan seperti itu akan menjauhkan dari pikiran negatif sehingga tidak mudah terserang stres.

2. Tertawa

Tertawa merupakan salah satu cara yang ampuh dan gampang dilakukan untuk mengusir stres. Tertawa tidak hanya membuat kamu menjadi awet muda tetapi dapat membuat sel-sel kekebalan pada tubuh menjadi lebih baik lagi, sehingga tubuh menjadi kebal terhadap penyakit.

3. Tidur

Sebagian orang memilih untuk tidur apabila stres telah melanda. Tidur yang nyenyak dan cukup dapat mengurangi stres. Namun tidur yang terlalu lama tidak bagus karena akan hanya memperlambat pemulihan kamu dan tentunya akan membuat badan menjadi lemas.

4. Olahraga

Olahraga yang teratur membuat tubuh kita menjadi sehat dan sistem kekebalan pada tubuh pun menjadi kuat. Selain itu dengan olahraga dapat menjadikan tubuh dan pikiran kamu lebih rileks dalam menghadapi apapun. Menurut penelitian butuh 20 menit dalam sehari untuk olahraga atau melakukan aktivitas fisik.

5. Meditasi

Meditasi sangat berguna untuk menghilangkan stres, selain itukegiatan ini juga bagus untuk merelaksasikan otot-otot yang kaku. Dalam penelitian menyebutkan bahwa meditasi dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah pada tubuh. Untuk melakukan meditasi caranya gampang kamu cukup mengambil nafas panjang, mengosongkan pikiran, dan kosentrasi. Lakukanlah ini selama 10 menit dan pasti kamu akan merasakan sendiri manfaatnya.

6. Mendengarkan lagu

Mendengarkan lagu merupakan salah satu metode yang paling sering dilakukan banyak orang untuk mengusir stres dan menjauhkan rasa khawatir. Pemilihan lagu yang benar dapat menenangkan dan membuat pikiran menjadi rileks.

7. Aromaterapi

Aromaterapi dapat dipercaya untuk menenangkan pikiran. Aromaterapi sendiri memiliki berbagai macam aroma, diantaranya seperti Lavender, Rosemary, Lemon, Jasmine, dan lain-lain. Setiap aroma memiliki fungsinya sendiri-sendiri, tidak hanya untuk wewangian saja tetapi baik untuk kesehatan kamu.

8. Hindari Minuman Berkafein

Pada saat stres hindari minum-minuman yang berkafein, karena dapat memperburuk keadaan. Sebagai gantinya kamu bisa minum teh hijau. Menurut penelitian, teh hijau sangat bagus untuk menghindari stres karena mengandung L-Theanine yang mempunyai kasiat untuk merelaksasikan otak.

9. Massage

Massage atau pijat berkhasiat untuk membuang rasa stres dan lelah. Oleh sebab itu, pijatan banyak disukai oleh banyak orang dari anak kecil hingga orang dewasa.

Itulah beberapa cara ampuh untuk mengusir stres. Apabila stres datang, segera ikuti cara-cara di atas yaa.. dijamin stres kamu bakalan hilang ;)

 

 

Comment di sini