Konser Lady Gaga Didukung DPR

by
May 22nd, 2012 at 4:20 pm

Kontroversi Lady Gaga masih terus berlanjut. Kali ini DPR memberikan lampu hijau bagi penyanyi yang dijuluki dengan “Mother Monster” itu untuk datang ke Indonesia. Priyo Budi Santoso, Wakil Ketua DPR RI, meminta Mabes Polri untuk menimbang ulang rencana pelarangan konser Lady Gaga di tanah air.

Menurut Priyo dirinya menyatakan hal itu berdasarkan tiga alasan. Alasan yang pertama yaitu Indonesia bukanlah negara seperti China yang dengan mudah menolak konser Lady Gaga di Indonesia sehingga alasan Cina juga menolak tidak tepat.

Alasan yang kedua adalah Indonesia merupakan negara demokrasi yang berarti memang ada perbedaan dan demokrasilah yang mempersatukan bangsa sedangkan alasan yang ketiga adalah berita di media internasional yang mencoreng kebudayaan toleransi di Indonesia di mata dunia.

Oleh karena itu Priyo menegaskan bahwa Polri membuat langkah yang dapat menjamin keamanan dan juga kenyamanan masyarakat terkait konser Lady Gaga.

Di saat yang sama, Priyo juga mengimbau pada pihak promotor agar menerima masukan dari masyarakat agar konser bertajuk Born This Way Ball itu disesuaikan dengan keagamaan dan adat dari timur. Dia juga menambahkan bahwa tidak ada alasan bagi Polri untuk mencegah Lady Gaga karena pihak promotor tidak memiliki maksud yang buruk.

Kepolisian Indonesia mulai melunak dan ini disinyalir karena ada tekanan dari pihak legislatif namun anggota DPR menolak jika soal Polri melunak adalah karena mereka. Priyo menegaskan bahwa sikap Polri melunak setelah mendengarkan masukan dari berbagai pihak.

Sikap lunak Kapolri ini bahkan diduga karena adanya telepon dari anggota dewan yang menanyakan alasan penolakan konser Lady Gaga namun Priyo kembali membantahnya. Dia juga menyebutkan bahwa tidak ada tekanan berupa apapun kepada Kapolri Timur Pradopo.

Anggota DPR akan memanggil Kapolri untuk klarifikasi penolakan pemberian izin kepada Mabes Polri. Nasir Jamil, Wakil Ketua Komisi III DPR, akan mengundang Kapolri pada pekan depan. Saat ditanya mengenai hal itu, Nasir menjawab bahwa itu adalah tindakan karena rasa tanggung jawab untuk menjaga kenyamanan dan ketertiban warga.

Ada juga yang menyebut jika melunaknya sikap Kapolri ini karena pihak Big Daddy telah memiliki kesepakatan dengan keluarga Cikeas namun kabar in dibantah oleh perwakilan manajemen Big Daddy.

Lady Gaga sendiri telah menanggapi soal penolakan konsernya di Indonesia. Melalui akun Twitternya, ia mengatakan mungkin akan menggelar konser sendirian jika konser tetap dilangsungkan sesuai jadwal.

[colorvote id="1" style="wpcvp-poll"]

Comment di sini