Mengetahui Penyebab Kesuburan Pada Perempuan

by
May 22nd, 2012 at 9:39 am

Ketika telah menikah, tahap selanjutnya yang pasti dinantikan oleh pasangan suami-istri baru adalah hadirnya seorang anak yang akan melengkapi kehidupan rumah tangga mereka. Masalah kesuburan istri menjadi hal yang penting untuk dibicarakan ketika sepasang suami-istri sudah merencanakan untuk memiliki anak.

Tidak semua perempuan bisa memiliki anak dengan cepat karena kesuburan antara satu perempuan dengan perempuan lain berbeda. Untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor yang mempengaruhi kesuburan, simak daftar berikut ini:

1. Kebugaran tubuh

 Walaupun hanya sekadar lari di pagi hari, olahraga sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Namun melakukan olahraga yang sangat berlebihanpun juga tidak bagus nantinya karena bisa mengurangi kesuburan. Jadi lakukan olahraga dengan sewajarnya.

2. Konsumsi makanan

Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein nabati. Selain sayur-sayuran dan buah-buahan, makanan yang banyak mengandung protein nabati seperti tahu, tempe , kacang-kacangan atau makanan kaya akan fitoestrogen dapat meningkatkan kesuburan.

3.  Hubungan intim

Lakukan hubungan intim secara teratur. Hubungan intim paling tidak dilakukan tiga kali dalam seminggu untuk mempercepat proses kehamilan. Sel sperma yang dihasilkan oleh pria dianggap cukup matang dalam rentang waktu 2 hari setelah keluar.  Apalagi jika hubungan intim dilakukan ketika sang istri sedang mengalami masa subur.

4. Rokok dan minuman beralkohol

Hindari rokok dan minuman yang mengandung alkohol karena dapat membunuh ovarium dan buntutnya bisa menyebabkan kemandulan.

5. Berat badan

Berat badan juga dapat mempengaruhi kesuburan. Sangat disarankan bagi perempuan untuk menjaga berat badan yang ideal dan stabil. Usahakan BMI berada di angka antara 17 dan 27.

6. Usia

Ada baiknya bagi pasangan pengantin baru untuk tidak berpikir menunda kehamilan istri karena alasan karir.  Usia perempuan sangat mempengaruhi kesuburan. Biasanya pperempuan yang mulai menginjak usia 30-40 tahun akan sulit untuk bisa hamil. Bahkan setelah menginjak usia 45 tahun ke atas mereka hampir sudah tidak bisa lagi untuk hamil.

Ketidaksuburan tidak hanya dialami oleh kaum perempuan saja, tetapi  juga dapat dialami oleh pria. Bagi Anda yang ingin cepat mendapati keturunan maka lakukan pola hidup sehat yang menjadi kunci untuk mempercepat kehamilan.

Comment di sini