Transgender Cantik Gagal Jadi Miss Universe

by
May 22nd, 2012 at 1:18 pm

LA Times

Transgender pertama yang mengikuti ajang Miss Universe Kanada rupanya gagal masuk ke final lima besar. Jenna Talacktova, 23 tahun, berkompetisi dengan 61 kontestan lainnya di ajang ini.

Sosok yang satu ini berhasil masuk dalam 12 besar namun tidak berhasil masuk dalam kualifikasi 5 besar. Pemenang kontes ini adalah Sahar Biniaz, 26 tahun, yang akan mewakili Kanada untuk berpartisipasi dalam ajang Miss Universe di bulan Desember nanti.

Meskipun begitu Talacktova mendapat julukan Miss Congeniality yaitu gelar yang diberikan pada kontestan yang paling ramah. Perempuan ini terlahir sebagai pria yang akhirnya menjalani operasi kelamin pada usianya yang ke-19.

Kontestan ini berasal dari Vancouver, British Columbia. Pada awalnya, sosok transgender ini ditolak berpartisipasi karena dia tidak terlahir sebagai perempuan. Kemudian Donald Trump membatalkan keputusan itu bulan kemarin.

Radar Online

Perempuan transgender ini memiliki tinggi 181 cm. Dia berhasil tampil memukau dan menonjol di antara kontestan yang lain dalam sesi bikini dan juga pakaian resmi. Sambutan meriah dan perhatian penonton fokus pada dirinya setiap kali dia muncul di atas panggung.

Keikutsertaannya sebagai kontestan di ajang Miss Universe ini telah menarik perhatian dunia Internasional karena adanya pelarangan atas dirinya. Kontestan ini kemudian melawan dengan menyewa pengacara kondang, Gloria Allred untuk mendapatkan haknya berkompetisi.

National Post

Setelah konferensi pers-nya dengan Allred, organisasi Miss Universe mengeluarkan pernyataan di situsnya bahwa ia dapat berpartisipasi karena telah mendapat ketentuan pengakuan jenis kelamin dan juga standar-standar yang ditentukan dalam kompetisi-kompetisi skala Internasional.

The Hollywood Gossip

Pengacara Talacktova, Allred mengatakan bahwa kliennya memang tidak menang dalam kompetisi namun dia berhasil memperjuangkan hak-hak sipilnya dengan bukti menjadi transgender pertama yang berhasil mengikuti kontes kecantikan untuk perempuan di taraf Internasional.

Transgender ini mengakui bahwa dirinya telah menjalani hidup sebagai perempuan sejak berumur 4 tahun. Dia memulai terapi hormon pada usia 15 tahun kemudian melakukan operasi kelamin saat usianya 19 tahun.

Comment di sini