Antarmuka ‘Aero’ Dihilangkan Dari Windows 8

by
May 24th, 2012 at 10:11 am

Antarmuka Aero, yang selama ini digunakan oleh Microsoft untuk sistem operasi Windows Vista dan Windows 7 mereka, akan dihilangkan dari Windows 8, sistem operasi terbaru yang akan segera diluncurkan oleh Microsoft.

Hal ini dilakukan karena ternyata Aero merupakan salah satu fitur yang menyedot paling banyak dari kinerja kartu grafis, baik dari desktop PC maupun dari laptop. Jensen Harris, Direktur Program Manajemen Microsoft yang beroperasi untuk tim evaluasi Windows 8 mengungkapkan alasan dipilihnya Metro sebagai tampilan antarmuka bagi Windows terbaru ini.

Metro dipilih karena tampilannya yang jauh lebih simpel daripada Aero yang mengedepankan efek kaca, transparan dan refleksi. Dengan tampilan yang simpel ini, baterai laptop akan menjadi bisa tahan lebih lama. Hal ini tentunya akan sangat berguna bagi mereka yang suka bepergian kemana-mana sambil membawa laptop mereka.

Jika Anda adalah pengguna Windows Phone, maka pasti tidak akan asing dengan Metro, yang merupakan tampilan antarmuka yang sudah digunakan oleh Windows Phone. Pada tampilan Metro, kita tidak akan menemukan tombol Start yang lama, yang sering disebut Start Orb. Sekarang yang tampak adalah sejumlah “kotak” yang mereka sebut sebagai “Title“, dan masing-masing dari mereka mewakili aplikasi tertentu. Jangan khawatir, karena ini masih bisa Anda ubah-ubah nantinya.

Microsoft merencanakan untuk merilis Windows 8 versi Release Preview pada bulan Juni mendatang, yang merupakan versi mendekati dengan apa yang akan Anda dapatkan dari versi final nantinya.

Comment di sini