CiriCara: Cara Menemukan Cinta Sejatimu

by
May 24th, 2012 at 9:28 am

Suatu hubungan yang sehat dan kuat bisa menjadi sarana penunjang kehidupan bagi setiap insan manusia. Hubungan yang baik meningkatkan kualitas hidup dalam segala aspeknya, menguatkan daya tahan tubuh, pikiran, dan relasi dengan orang-orang di sekitar kamu.

Hubungan layaknya sebuah investasi. Semakin banyak hal baik yang kamu tanam, semakin banyak pula hasil memuaskan yang bisa kamu raih. Kamu hanya perlu berusaha untuk menanam hal-hal sebaik dan sebanyak mungkin serta aktif dalam membina hubungan tersebut.

Ketika membicarakan hubungan cinta, diperlukan usaha, komitmen, dan kerelaan untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik agar hubungan dapat berjalan lancar. Pelajari cara-cara untuk menjaga hubungan cinta tetap kuat dan sehat meskipun badai hebat menerjang mencoba menggoyah bahtera cinta.

Cara Membina Hubungan dan Menemukan Cinta Sejati

Tuhan menciptakan manusia sebagai pribadi yang unik. Oleh karena itu, hubungan cinta setiap pasangan pun tak selalu sama antara satu pasang kekasih dan pasangan lainnya.

Namun ada sejumlah hal sama yang selalu ditemukan dalam setiap hubungan yang baik.

Apa sebenarnya definisi hubungan baik? Pada dasarnya, hubungan yang baik adalah hubungan simbiosis mutualisme dimana masing-masing pihak mendapatkan keuntungan dari hubungan yang terjadi.

Bagaimana cara membina hubungan yang baik?

- Saling berinteraksi

Hubungan yang baik adalah hubungan yang aktif. Kemauan kedua belah pihak untuk saling berkomunikasi amat diperlukan untuk menjaga hubungan berjalan lancar. Jangan sampai komunikasi hanya berlangsung searah saja. Dialog diperlukan untuk menyelesaikan masalah. Kurangi ego masing-masing, dan coba untuk menjadi pribadi yang lebih peduli terhadap pasanganmu.

- Jujur dan terbuka

Komunikasi yang baik adalah komunikasi yang jujur dan terbuka. Tak perlu menutup-nutupi aib apabila kamu yakin bahwa pasanganmu mencintaimu apa adanya. Jika kamu tak yakin pasangan akan menerima kekuranganmu, lebih baik tak usah lanjutkan hubungan. Sia-sia. Berkomunikasi secara langsung, jujur, dan terbuka akan menjadi bekal bagi kamu yang benar serius untuk melanjutkan hubungan ke jenjang pernikahan.

- Hadapi masalah bersama

Dalam suatu hubungan, masalah pasti kerap muncul. Masalah berpotensi menjadi pemicu keretakan dalam suatu hubungan. Jika terjadi masalah, duduklah bersama pasanganmu dan selesaikan dengan kepala dingin. Tak perlu curhat di Facebook atau Twitter. Biarkan masalah pribadi tetap menjadi milikmu dan pasanganmu. Setelah selesai, kubur masalah itu dalam-dalam. Jangan mengungkit-ungkitnya lagi jika kelak muncul masalah lain.

Mari Berusaha Romantis

Tidak semua orang mampu melakukan hal atau mengucapkan kata-kata romantis. Perlu kamu ketahui, romantis tidak hanya soal memberi bunga dan membacakan puisi karya Sapardi Djoko Damono kepada pasangan. Ubah pandanganmu tentang kata “romantis”.

Keromantisan seseorang dinilai berdasarkan bagaimana cara dia memperlakukan pasangannya. Kamu bisa dianggap romantis walaupun hanya menggandeng pasanganmu ketika berjalan di tempat umum saja.

Buktikan bahwa kamu memang mencintai dia dan tak malu untuk mengungkapkannya di depan semua orang. Dia pasti melihat hal itu sebagai suatu bukti cinta sejati yang bakal mempererat hubunganmu dengan dirinya.

Luangkan waktumu untuk dirinya. Di zaman yang kian modern ini, orang sering disibukkan oleh hal yang membuat mereka seakan sedang sendirian walaupun ada banyak orang di sekitar mereka. Contoh konkretnya adalah para pecinta gadget. Sering sekali kita menemui orang yang sibuk dengan ponsel atau gadget lainnya padahal di depannya ada orang yang sedang mengajaknya bicara. Jangan sekali-kali mempraktikkan hal ini di depan pasanganmu.

Kalau perlu, matikan semua peralatan elektronik ketika kamu sedang berdua saja dengan dirinya. Nikmatilah waktu bersama dan buat dirinya merasa istimewa dengan perhatian-perhatian yang kamu berikan.

Ketika Bosan Melanda

Thinkstock

Tak dapat dipungkiri, ada saat-saat tertentu ketika seseorang merasa bosan dengan pasangannya. Perasaan bosan atau jenuh lumrah ditemui dalam perjalanan cinta seseorang. Yang menjadi pertanyaan adalah, apa arti perasaan bosan itu?

Rasa bosan seringkali timbul karena kurang adanya variasi dalam menjalani hubungan. Jangan ragu untuk melakukan hal-hal baru yang menarik bersama pasanganmu. Bahkan hal-hal yang gila sekali-sekali perlu dilakukan untuk memberi warna lebih pada hubungan cinta sepasang kekasih. Buatlah perasaan cinta bersemi kembali.

Ada beberapa hal yang bisa membuat pasanganmu merasa seperti jatuh cinta lagi ketika rasa bosan melanda. Banyak orang berpikir,”Ah, bosan, aku sudah tidak cinta lagi padanya.” Itu pikiran yang salah! Bosan bukan berarti perasaan cinta telah sirna. Bosan berarti cintamu kepadanya sedang diuji. Apakah kamu bisa melewati ujian ini atau tidak, hanya kamu yang bisa menjawab.

Jangan sampai kamu membuat kesalahan yang mungkin akan membuatmu menyesal seumur hidup. Bicarakan dengan pasanganmu, kenapa tiba-tiba kamu merasa bosan. Namun ingat! Cari waktu yang tepat dan siapkan solusi yang kamu yakini bisa mengatasi rasa bosan tersebut. Usahakan pembicaraan seringan mungkin dan buat seolah ada yang salah pada dirimu karena merasa bosan sehingga dia tidak merasa tersinggung.

Percayalah Pada Cinta Sejati

Cinta sejati itu ada, kawan! Banyak pasangan yang hidup hingga tua renta dalam ikatan pernikahan, hanya maut yang bisa memisahkan mereka. Apakah perjalanan hubungan cinta mereka berlangsung tanpa masalah? Tentu tidak.

Pertengkaran adalah bumbu percintaan. Tanpa adanya cekcok, hubungan cinta akan terasa hambar. Ketika kamu sudah yakin benar bahwa orang yang ada di hadapanmu adalah cinta sejatimu, dan dia pun juga memiliki perasaan yang sama, maka arungilah jalan terjal bersama-sama. Jika jatuh, maka jatuhlah bersama. Jika selamat, maka selamatlah bersama.

Komitmen sangat diperlukan dalam menjalani suatu hubungan yang serius. Jika kamu tidak siap terikat dalam suatu komitmen, lebih baik menjomblo saja dahulu. Nikmatilah hidup melajang sampai kamu benar-benar merasakan ingin dan butuh seseorang yang mau kamu jadikan pendamping hidup hingga maut menjemput.

Comment di sini