CiriCara: Cara Mengendalikan Mimpi

by
May 24th, 2012 at 4:57 pm

Sigmund Freud, yang terkenal sebagai Bapak Psikoanalisis, dan teorinya banyak dipakai dalam dunia Psikoanalisis, mengatakan bahwa mimpi itu merupakan cerminan dari wilayah tidak sadar manusia . Oleh sebab itu, simbol-simbol dalam mimpi manusia memiliki tafsiran berbeda-beda terkait dengan masa lalu manusia tersebut. Ada pula cara untuk mengendalikan mimpi tersebut.

Dalam dunia psikologi, diikenal namanya Lucid Dream. Lucid Dream merupakan suatu fase dimana seseorang itu sadar jika ia sedang bermimpi. Pada fase ini seseorang bisa mengambil alih mimpinya tersebut. Lucid Dream ini bisa diasah hingga sampai pada level yang tinggi.

Caranya adalah individu tersebut harus bisa mengingat mimpinya terlebih dahulu, kemudian menyimpannya dalam benak, dan tafsirkan mimpi tersebut bedasarkan simbol-simbol yang ada di dalamnya.

Jika Anda sudah berhasil mengingat mimpinya, maka mulailah dengan menafsirkan apa yang dimaksud dari simbol-simbol yang ada di mimpi tersebut, misalkan: mengapa muncul sebuah rumah putih dan besar? Coba renungkan dan kaitkan dengan masa lalu yang berhubungan dengan sebuah rumah.

Jika Anda sudah benar-benar mengerti maksud dari mimpi itu, maka Anda dapat mengulang mimpi itu karena sebelumnya Anda juga sudah menyimpannya dalam benak Anda. Tingkat Lucid Dream pada tahap awal mungkin masih dirasa kecil dan belum begitu berpengaruh, tapi dengan mempraktekan tahapan-tahapan tersebut, Anda akan bisa mengendalikan mimpi yang sama secara perlahan, mungkin dengan mengganti ukuran rumah di mimpi yang sebelumnya.

Sebab pada fase Lucid Dream itu adalah saat wilayah bawah sadar manusia berhubungan dengan wilayah sadarnya, sehingga pada fase ini Anda sadar sedang bermimpi, dan Anda sudah memiliki gambaran tentang bagaimana mimpi Anda seharusnya, karena tafsiran yang sudah dilakukan sebelumnya. Lambat laun, Anda bisa bermimpi sesuai dengan apa yang ada di dalam bayangan Anda.

Hal seperti ini sudah diangkat menjadi sebuah film, yaitu Inception. Film yang mengangkat sebuah cerita melalui mimpi. Mimpi yang berulang dengan beberapa simbol yang kerap kali muncul, dan sebenarnya itu merupakan bagian dari masa lalu Dom Cobb (Leonardo DiCaprio).

Bukan hanya khayalan belaka untuk mengendalikan mimpi. Jika Anda sudah bisa menguasai Lucid Dream sampai dengan level yang tinggi, maka bukan hal yang sulit untuk mengendalikan mimpi Anda sendiri.

Mind Hacks

Comment di sini