Di Korea, Pencabul Dihukum Kebiri

by
May 24th, 2012 at 11:04 am

tribunnews

Pemerintah Korea Selatan sudah menerapkan sistem hukum baru untuk pelaku pencabulan terhadap anak dibawah 16 tahun. Menurut salah satu pejabatnya, sistem hukum baru itu adalah kebiri pada pelaku kejahatan seksual terhadap anak.

Untuk pertama kalinya, seorang pria Korea berusia 45 tahun bermarga Park dihukum kebiri secara kimia karena kasus pencabulan anak berusia 10 tahun. Nantinya selama 3 bulan sekali selama 3 tahun dia akan mendapatkan suntikan kebiri agar nafsunya bisa berkurang.

Park ditahan dengan masa hukuman 10 tahun penjara dan bebas pada Juli 2011 lalu. Sebelumnya dia juga pernah dipenjara tiga kali karena kasus yang sama yakni pencabulan terhadap anak-anak. Ia melakukan pencabulan terhadap anak dibawah umur 16 tahun pada 1984, 1991 dan 1998.

Karena melihat catatan tersebutlah komite kementerian Korsel akhirnya mengeluarkan perintah pengebirian secara kimia kepada Park. Ini adalah pertama kalinya hukuman kebiri diterapkan setelah persetujuan undang-undang mulai diberlakukan pada tahun 2011 yang lalu.

Menurut pejabat kementerian hukum Korsel Kim Hyung-Yul kepada AFP, hukuman pengebirian ini diberikan kepada pelaku pencabulan yang berusia lebih dari 19 tahun. Hukuman ini akan diberikan tanpa sepertujuan dari pelaku.

“Entah dia suka atau tidak,” kata Kim seperti dikutip dari AFP.

Kim menjelaskan pelaku yang menolak injeksi atau penyuntikan obat atau kebiri akan mendapat hukuman penjara dan denda berat. Pelaku juga akan menjalani pemeriksaan psikologis dan memakai gelang kaki elektronik, serta dilarang memasuki fasilitas untuk anak-anak.

Korea Selatan adalah negara Asia pertama yang melegalkan sistem hukum pengebirian secara kimia untuk pelaku kejahatan seks. Di Seoul sendiri sistem ini sudah disahkan sejak tahun 2011 lalu. Langkah ini dilakukan lantaran masyarakat Korsel mulai geram dengan para pelaku dan menilai masa hukuman yang ringan. Sehingga peluang kejadian yang sama masih besar.

Bagi Anda yang belum tahu apa itu kebiri atau mengebiri, berikut ada penjelasan singkatnya.

Kebiri adalah pemotongan saluran testis atau saluran sperma jantan atau laki-laki agar tidak bisa membuahi sel telur wanita. Dengan kata lain kebiri bisa membuat seorang laki-laki menjadi mandul dan tidak bisa punya anak.

Sedangkan sistem kebiri yang diterapkan di Korea Selatan adalah kebiri secara kimia. Pelaku kejahatan seks akan disuntik dengan obat manipulasi hormon. Dia akan mandul dalam kurun waktu tertentu alias tidak paten. Makanya penyuntikan dilakukan secara berkala.

Negara yang sudah menerapkan sistem hukum kebiri kimia ini adalah Amerika Serikat, Jerman, Swedia, Korea Selatan dan Norwegia. Mungkinkah sistem ini diterapkan juga di Indonesia?

Comment di sini