Dubes AS Ikut Tanggapi Penolakan Konser Lady Gaga

by
May 24th, 2012 at 10:08 am

Lady Gaga (GettyImages)

Penolakan konser Lady Gaga di Jakarta mulai mendapat perhatian dari pihak pemerintah. Bahkan, sang Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Scot Marciel pun ikut menanggapinya. Ia sudah mendiskusikan masalah ini dengan pejabat di Indonesia.

Marciel mengungkapkan pihaknya sedang mendiskusikan masalah konser Lady Gaga dengan pemerintah Indonesia. Ia percaya Indonesia bisa mengizinkan konser Lady Gaga karena Indonesia punya kebebasan berekspresi.

Meskipun begitu, Marciel mengatakan bahwa pihaknya menyerahkan semua keputusan kepada pemerintah Indonesia. Dibatalkan atau tidaknya semua tergantung pada pendapat dari masyarakat Indonesia.

“Kami berharap pendapat dan pandangan warga Indonesia secara keseluruhan didengar, tidak hanya dari kelompok kecil,” kata Marciel di Gedung DPR, Rabu (23/5/2012).

Menurut Marciel, gaya Lady Gaga yang sering dikaitkan dengan simbol penyebar paham lesbian dan gay itu adalah simbol kebebasan berekspresi. Ia yakin bahwa Indonesia juga memiliki aturan kebebasan dalam berekspresi.

“Di pemerintah dan masyarakat Indonesia sendiri memiliki sejarah panjang mengenai toleransi dan keterbukaan,” kata Marciel.

Marciel juga mengaku bahwa pihaknya sudah melakukan pembicaraan kepada pihak Mabes Polri. Ia mengutus tim keamanan Amerika Serikat untuk bertemu dengan personel Polri untuk membahas masalah keamanan. Namun ia menegaskan pihak tidak akan ikut campur dalam masalah ini.

Sebelumnya, rencana konser Lady Gaga di Stadion Utama Gelora Bung Karno yang akan berlangsung pada 3 Juni 2012 mendatang tiba-tiba tidak direstui Polda Metro Jaya. Sejumlah penolakan dari ormas seperti Front Pembela Islam (FPI) dan ormas lainnya pun terus muncul agar konser Lady Gaga dibatalkan.

Belum ada keputusan yang pasti terkait konser Lady Gaga di Jakarta. Pihak pemerintah melalui DPR pun sudah pernah menggelar rapat terkait hal ini. Namun sayang rapat justru berakhir ricuh karena ormas yang hadir emosi.

Comment di sini