Manfaat Mandi Pakai Air Dingin

by
May 24th, 2012 at 10:25 am

Sejumlah orang lebih suka mandi dengan air hangat terutama saat pagi hari karena hawa yang dingin. Namun, ternyata air dingin lebih bermanfaat dibandingkan dengan air hangat.

Indiatimes pada Kamis (24/5) memberitakan manfaat air dingin untuk mandi. Mandi dengan menggunakan air dingin ternyata bisa menjaga daya tahan tubuh, bukannya malah membuat masuk angin seperti yang sering dikatakan banyak orang.

Simak manfaat air dingin berikut ini:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Metabolisme akan meningkat jika kita menggunakan air dingin untuk mandi. Ketika metabolisme lancar, sistem kekebalan yang ada dalam tubuh akan otomatis meningkat pula.

2. Melancarkan peredaran darah

Ketika air dingin pertama kali menyentuh kulit, peredaran darah akan sedikit tersendat. Namun, tubuh dengan otomatis akan meningkatkan tekanan darah sehingga timbul dorongan yang lebih kuat. Jadi, darah akan melaju dengan lebih cepat dan lancar.

3. Melancarkan metabolisme

Seperti yang sudah disebutkan di atas, metabolisme tubuh akan meningkat ketika kita mandi air dingin. Saat tubuh merasakan dingin, dengan otomatis panas akan timbul dari dalam. Pada saat inilah metabolisme akan berjalan lancar lewat pembakaran lemak yang menghasilkan panas.

4. Mencegah cedera

Air dingin bisa membuat otot semakin kuat. Ketika tubuh terkena air dingin, maka serat otot akan berkonstraksi dan menjadi lebar. Otot tidak akan menjadi rentan cedera karena massa otot dan kekuatan meningkat.

5. Menyuburkan pria

Testis pria akan sangat terbantu oleh air dingin yang digunakan untuk mandi. Air panas dapat menurunkan dan melemahkan sel sperma. Bagi pasutri yang ingin cepat memiliki momongan lebih baik gunakan air dingin setiap kali mandi.

Selain kelima manfaat tersebut, ada manfaat lain yang terkandung dalam air dingin seperti kemampuan untuk mengurangi nyeri, menjaga kesehatan ginjal, menyehatkan rambut, dan mencegah kerusakan kulit.

Bagaimana, masih mau mandi pakai air panas setiap pagi?

Comment di sini