CiriCara: Cara Mencegah Keluarnya Kata “Putus”

by
May 24th, 2012 at 4:14 pm

orang sering berpendapat bahwa pertengkaran adalah bumbu bagi setiap hubungan cinta. Seperti halnya masakan apabila ada bumbunya masakan jadi enak, tapi kalau bumbunya berlebihan makanan bisa jadi tidak enak.

Haruskah setiap ada masalah itu diselesaikan dengan pertengkaran hingga meledak-ledak sampai urat dan cinta kita putus? Jawabannya adalah tidak! Akan lebih baik kalian sama-sama duduk dan membicarakannya, mencari solusi dengan bersama-sama.

Disini ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar pertengkaran tidak berujung pada kata “putus”:

1. Kontrol emosi

Biasanya pada saat emosi kita memuncak akan terucap dari mulut kita kata-kata yang tidak baik dan apa yang telah kita ucapkan dan itu malah bisa memperkeruh suasana. Sebaiknya kita menghindar dengan keluar rumah walau hanya sekadar menghirup udara , agar pikiran menjadi jernih sebelum “menghadapi” pasangan.

2. Cari waktu yang tepat

Pastikan waktu yang tepat untuk menyelesaikan konflik yang sedang di alami.  Waktu ketika perut sedang kosong atau baru pulang kerja bukanlah waktu yang tepat untuk membahas masalah karena kondisi fisik dapat memicu pertengkaran yang lebih sengit.

3. Fokus pada permasalahaan

Jangan langsung menghakimi , memotong pembicaraan , menghina , membuka kesalahan yang lalu, dan hal-hal teledor lainnya. Duduk dengan tenang dan beri kesempatan pasangan kita untuk menjelaskan duduk permasalahnya sampai selesai, biar semuanya lebih jelas dan cepat terselesaikan masalahnya.

4. Jangan saling ngotot mempertahankan pendapat

Coba untuk mengerti dan menerima pemikiran dan pendapat pasangan kamu. Perbedaan pendapat itu wajar. Hargailah perbedaan itu. Temukan win-win solution yang berarti antara kamu dan pasanganmu bisa mendapatkan solusi terbaik untuk masing-masing orang.

Jangan sampai pertengkaran yang terjadi harus selesai dengan kata “putus”. Beranilah minta maaf apabila kamu yang salah. Dan maafkanlah dirinya apabila dia memang benar-benar khilaf dan mau berubah.

Comment di sini