Ratu Ganja Corby Dapat Grasi 5 Tahun

by
May 24th, 2012 at 8:49 am

Schapelle Corby wanita yang menjadi narapidana asing karena narkoba tersebut mendapat grasi atau potongan masa tahanan 5 tahun dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Corby yang harusnya menjalani masa tahanan 20 tahun, kini dia hanya perlu menjalani 15 tahun saja.

Menurut kakak Corby, Mercedez Corby adiknya yang dijuluki sebagai ratu ganja tersebut mengaku sangat senang dengan grasi yang diberikan Presiden SBY. Kini pihaknya masih mencari informasi agar grasi bisa cepat diterapkan.

Mercedez mewakili seluruh keluarga Corby mengatakan bahwa keluarganya terutama adiknya (Corby) sangat berterima kasih kepada Presiden SBY. “Keluarga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden Indonesia,” kata Mercedez saat di Lapas Kelas II A Kerobokan, Denpasar, Bali tempat adiknya ditahan.

Kabar pemberian grasi 5 tahun tersebut pun dibenarkan oleh Kalapas Kelas II Kerobokan Denpasar, Gusti Ngurah Wiratna. Ia mengungkapkan bahwa surat grasi yang diberikan Presiden untuk Corby sudah ada di Lapas Kerobokan.

Wiratna mengaku akan menyerahkan surat grasi tersebut secara langsung kepada Corby. Namun ia saat ini belum terlaksana karena masih berada di Jakarta karena suatu keperluan yang mengharuskan dia datang ke Jakarta.

Sebelumnya, Schapelle Corby wanita berkebangsaan Australia ditahan lantaran kedapatan membawa 4,2 kilogram narkoba jenis mariyuana. Corby dihukum dengan kurungan penjara selama 20 tahun di Lapas Kelas II A Kerobokan, Denpasar, Bali. Corby ditangkap di Bandara Ngurah Rai, Bali pada 8 Oktober 2004.

Belum lama ini Presiden SBY memberikan grasi 5 tahun tahanan untuk Corby. Dari grasi 5 tahun tersebut, Corby yang dijuluki ratu ganja tinggal menjalani masa tahanan 8 tahun lagi. Karena sebelumnya dia sudah menjalani masa tahanan selama 7 tahun penjara terhitung sejak tahun 2004.

Apakah pemberian grasi 5 tahun penjara pada Schapelle Corby langkah yang tepat? Pasalnya di Australia sendiri ada warga Indonesia yang dihukum.

Comment di sini