Badak Betina Cemburu Kalau Pejantannya Goda Betina Lain

by
May 25th, 2012 at 11:18 am

Ternyata tidak hanya manusia saja yang bisa cemburu sama pasangan yang dekat dengan cewek lain. Badak Sumatera betina juga bisa cemburu lho kalau pejantan yang disukainya dekat sama betina lain. Benarkah?

Seorang dokter hewan di Suaka Badak Sumatera, Eliza Jinata, menuturkan dua ekor badak betina yang ditanganinya mengalami masalah asmara. Dua badak betina yang bernama Bina dan Rosa jadi kurang akur gara-gara cemburu.

Keduanya saling cemburu jika pejantan yang bernama Andalas mendekati salah satu dari mereka. “Tandanya mengendus-ngendus seperti marah dan gelisah,” ujar Eliza Kamis (24/5/2012) kemarin.

Namun kedua badak betina tersebut tidak cemburu dengan badak betina lainnya, Ratu. Mungkin itu karena umur Ratu yang lebih tua dari keduanya. Sedangkan umur badak betina Bina dan Rosa memang masih muda jadi mereka lebih cemburuan satu sama lain.

Menurut Eliza, saat ini pejantan Andalas yang berusia 11 tahun, baru mengawini Ratu pada Maret 2011 lalu. Kini Ratu tengah hamil dan diperkirakan akan melahirkan pada Juni hingga Agustus 2012 mendatang.

Sementara, untuk badak bentia Bina dan Rosa yang usianya lebih muda belum bisa ditaklukan Andalas. Pasalnya tiap kali dipertemukan dengan Andalas, baik Bina atau Rosa selalu jaga jarak dengan Andalas.

“Kalau dengan Ratu suka adu mocong dan cula sehingga sering ada luka pada kulit pipi, jidat, cula Andalas bahkan pernah goyang setelah ditabrak Ratu,” ucap Eliza yang jadi dokter perawat badak yang hampir punah tersebut.

Menurut Eliza, setiap Badak Sumatera memiliki karakter yang berbeda. Andalas menurutnya merupakan badak yang kalem dan jinak dengan perawat. Rosa lebih manja sementara badak betina, Bina adalah badak yang imut tapi paling galak. “Sudah tiga keeper (perawat) yang diseruduk,” kata Eliza.

Jumlah badak di suaka badak Sumatera Yayasan Badak Indonesia di Lampung itu berjumlah 4 ekor, Bina, Rosa, Ratu dan Andalas. Mereka hidup bebas di kawasan hutan yang dibatasi pagar kejut listrik. Jadi para perawat masih bisa mengawasi badak-badak tersebut.

Eliza menjelaskan luas area suaka badak tersebut mencapai 100 hektar. Suaka ini didesain seperti bentuk lingkaran, di tengahnya menjadi area pertemuan badak sumatera jantan dan betina untuk kawin.

Comment di sini