Kacamata Tanpa Lensa Ngetren di Jepang dan Korea

by
May 25th, 2012 at 3:59 pm

Fungsi awal kacamata ialah jadi alat bantu lihat bagi orang-orang yang mengalami rusak sebagaian pada lensa matanya sehingga mereka tidak dapat melihat dengan jelas layaknya orang normal. Perkembangan jaman sekarang ini sudah menggeser fungsi asli kacamata tersebut.

Di beberapa negara Asia, seperti China, Hong Kong, Jepang dan Korea, banyak orang-orang yang tidak mengalami gangguan pada matanya tetap ingin memakai kacamata, sehingga dibuatlah kacamata tanpa lensa yang diperuntukan bagi mereka yang bermata normal.

Ironisnya, mereka yang mengalami gangguan mata sehingga harus menggunakan kacamata malah enggan memakai kacamata, sehingga mereka lebih memilih memakai lensa kontak, sedangkan mereka yang bermata normal justru ingin mengenakan kacamata tanpa kaca/lensa.

Alasan yang diterima dari beberapa orang yang menggunakan kacamata tanpa kaca itu karena mereka melihat artis-artis di TV yang menggunakannya. Sebagai penggemar yang setia pada artis tersebut, akhirnya mereka juga ikut-ikutan pakai kacamata tanpa kaca tersebut.

Ada juga yang berkata kalau frame dari kacamata itu bisa membuat mata mereka kelihatan besar, sedangkan mata mereka masih normal dan tidak mengalami gangguan, makanya mereka tidak mau pakai kaca/lensa-nya jadi cukup dengan menggunakan frame-nya saja.

Yang lainnya berkata bahwa mereka hanya ikut-ikutan tren saja mengenakan kacamata tanpa kaca itu. Sebenarnya, ini bukanlah tren mode terbaru. Tren kacamata jenis ini sudah muncul pada tahun 90an di Jepang pertama kali, lalu sempat tenggelam, sebelum akhirnya muncul lagi pada beberapa tahun belakangan ini.

Frame kacamata ini dijual sangat murah di negara-negara Asia tersebut, hanya 4 dollar atau sekitar Rp 36.000  - Rp 40.000 saja. Berikut ini beberapa foto orang-orang yang menggunakan kacamata tanpa kaca.

Blogoncherry

Flickr

Comment di sini