Polisi Telusuri Pemesan ijazah Palsu Lewat SMS

by
May 25th, 2012 at 3:12 pm

Mediaindonesia

Tersangka penyedia jasa pembuatan ijazah palsu melalui situs www.ijazahaspal.com sudah berhasil diamankan polisi. Kini pihak polisi masih menelusuri para pemesan ijazah palsu melalui SMS kepada tersangka. Diduga ada salah satu pejabat yang juga menggunakan jasa ini.

Menurut Kepala Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya AKBP Audie Latuheru mengatakan, baik pemesan dan pembuat ijazah palsu akan tetap mendapat hukuman. Ini sudah ditetapkan dalam peraturan sesuai pasal 263 KUHP.

Diduga ada pejabat yang menggunakan jasa ijazah palsu untuk menaikan golongan atau pangkat. “Pejabat atau tidak, pembuat dan pengguna akan mendapatkan sanski hukum,” kata Audie di Mapolda Metro Jaya, Jakarta.

Audie mengatakan bahwa tersangka mengaku telah membuat lebih dari 200 ijazah palsu. Selain melayani pemesanan ijazah dari internet, tersangka juga menerima pesanan lewat SMS. Polisi sudah mengantungi 125 nama pemesan lewat SMS.

“Mereka ini yang memesan melalui SMS kepada pelaku. Pemesan ini sedang kita terlusuri,” kata Audie seperti dikutip dari detikcom, Jumat (25/5/2012).

Sebelumnya, pihak Polda Metro Jaya berhasil mengamankan tiga tersangka terkait kasus pembuatan ijazah palsu. Para tersangka menawarkan jasa pembuatan ijazah palsu melalui website dan juga melalui SMS.

Soal harga pembuatan ijazah palsu, tersangka menjualnya dengan harga yang berfariatif mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 20 juta. Tersangka mengatakan bahwa besarnya harga disesuaikan dengan tingkat pendidikan palsu yang ingin dipesan.

Para tersangka mengaku beroperasi membuat ijazah palsu tersebut sejak 2011 lalu. Tidak tanggung-tanggung, jasa yang mereka tawarkan mulai dari ijazah perguruan tinggh negeri atau swasta di Indonesia hingga perguruan tinggi di Malaysia dan Singapura.

Comment di sini