Situs Jasa Ijazah Palsu Cuma Tipu-tipu

by
May 25th, 2012 at 9:25 am

Pada Selasa (22/5) kemarin, Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya sukses menggerebek situs yang diduga menjual jasa pembuatan ijazah palsu yang beralamat di www.ijazahaspal.com.

Admin situs ini ditengarai menawarkan jasa kepada calon pelanggan untuk dibuatkan surat-surat palsu lewat internet. Namun, ternyata masih ada ratusan situs serupa yang memiliki usaha ilegal pemalsuan ijazah seperti itu yang masih belum disentuh pihak kepolisian.

AKBP Audrie S Latuheru selaku Kasubdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya membenarkan bahwa ada banyak situs yang menawarkan jasa pemalsuan ijazah lewat internet. Namun, ia mengungkapkan kebanyakan tidak sungguh-sungguh menjual jasa tersebut, melainkan hanya situs tipu-tipu.

Ratusan situs itu tidak akan memberikan ijazah yang dipesan pelanggan karena memang digunakan untuk aksi penipuan saja.

Tetapi terkait situs www.ijazahaspal.com, Audie menegaskan bahwa situs ini memang menjual jasa pembuatan ijazah palsu. Yogi, tersangka dalam kasus ini, mengatakan bersama kedua rekannya ia telah menerbitkan sebanyak 150 lembar ijazah palsu baik dari perguruan tinggi dalam maupun luar negeri.

Audie mengungkapkan komplotan ini telah meraup ratusan juta rupiad dari kegiatan ilegalnya yang telah berlangsung sejak awal tahun 2011.

Pihak kepolisian mengaku masih menyelidiki kasus pemalsuan ijazah ini. Mereka juga masih terus berusaha melacak keberadaaan situs-situs penjual ijazah palsu lain yang jumlahnya ratusan itu.

Comment di sini