Apakah Kopi Dapat Menyebabkan Kemandulan?

by
May 28th, 2012 at 3:20 pm

Kopi bukan hanya banyak dikonsumsi oleh kaum pria saja, tapi  juga sudah oleh wanita. Konsumsi kopi yang mengandung zat kafein ini menerbitkan tanya, apakah kopi berbahaya? Apa hubungan kafein dan impotensi?  

Kebanyakan orang percaya bahwa kafein yang terdapat pada kopi dapat mengganggu kesuburan atau bisa menyebabkan kemandulan. Sebenarnya kafein sendiri bukan hanya terdapat pada minuman kopi saja, tetapi juga pada teh, minuman bersoda, dan coklat. Apakah berarti semua minuman itu menyebahkan kemandulan?

Apabila kita mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang berlebihan dengan kandungan kafein 300-500mg atau lebih, tingkat kesuburan bisa jadi akan tergangg. Ada baiknya apabila Anda yang sedang berencana ingin memiliki anak atau hamil sebaiknya  mengkonsumsi di bawah 200mg kafein perhari, bukannya berarti tidak boleh sama sekali mengkonsumsinya.

Belum diketahui bagaimana kafein bisa mempengaruhi ketidaksuburan seseorang.  Ada yang berpandangan bahwa infertilitas terjadi karena faktor tuba dan infertilitas-endometriosis yang berkaitan dengan konsumsi kafein. Penelitian yang selama ini dilakukan belum menemukan apakah ada kandungan lain selain kafein yang diminum penimum kopi yang tidak subur.

Pengaruh kafein pada pria tidak pernah terbukti dapat mempengaruhi ketidaksuburan. Para ahlipun berpendapat belum tentu kafein merupakan faktor utama yang berpengaruh pada ketidaksuburan. Penelitian yang berfokus pada pengaruh kafein di dalam proses fertilisasi program bayi tabung juga belum bisa menemukan titik terang.

Walaupun tidak ada penelitian yang benar-benar mengungkapkan keterkaitan kafein dengan kemandulan, kita patut waspada karena kafein memang mengandung bahaya. Batasi konsumsi kopi 3 cangkir per hari. Imbangi kafein dengan asupan gizi dan olahraga yang rutin untuk menjaga badan tetap fit.

Comment di sini