Fitur BBM Tak Akan Ada di Ponsel Android dan iPhone

by
May 28th, 2012 at 2:13 pm

Fitur BlackBerry Messenger (BBM) merupakan fitur jagoan dari Research in Motion (RIM) untuk produk Blackberry mereka. Karena fitur inilah sebenarnya RIM dianggap masih bisa bertahan di tengah-tengah ketatnya perebutan pangsa pasar smartphone saat ini. Tapi perlahan-lahan Blackberry semakin menurun pamornya, dikalahkan oleh ponsel-ponsel dengan sistem operasi Android dan iOS. Bahkan belakangan, Nokia dengan Lumia-nya pun sudah mulai meraup kembali pangsa pasar mereka yang hilang.

Karena masalah itulah, sempat muncul selentingan kabar bahwa RIM sudah bersedia membuka akses terhadap pengembang perangkat lunak (software) untuk sistem operasi selain Blackberry, yakni Android dan iOS. Bahkan tidak hanya itu, sempat juga beredar foto tentang software beta yang dijalankan pada sistem operasi Android, yang tampak memiliki fitur dan tampilan yang sama seperti BBM pada Blackberry.

Namun belakangan, Thorsten Heins selaku CEO RIM menyangkal indikasi tersebut. Malahan, beliau mengatakan bahwa RIM tidak akan melisensi BBM ke platform manapun. Hal ini dinilai sejumlah kalangan akan menjadi bumerang bagi RIM. Dengan terkenalnya BBM, harusnya RIM berani mengambil langkah untuk melisensikan program ini, sehingga bagi pengguna sistem operasi lain yang ingin menggunakannya harus membayar sebelum bisa mulai menggunakan program ini.

Menurut Heins, beliau tidak sepenuhnya menampik bahwa RIM tidak akan pernah menjual lisensi BBM. Mungkin suatu saat nanti akan (dijual), tapi tidak untuk sekarang ini. Langkah inilah yang dianggap salah, karena RIM dianggap akan melewatkan kesempatan untuk menjaga momentum dimana mereka diingat dan disukai oleh orang-orang melalui program instant messaging (IM) mereka ini.

Nampaknya, apapun keputusan final RIM, mereka harus siap untuk segera menghadapi persaingan yang makin ketat, karena tidak hanya sistem operasi saja, dengan kehadiran program IM lainnya, WhatsApp, sudah mulai semakin populer belakangan ini.

Menarik untuk disimak bagaimana langkah RIM berikutnya dalam menghadapi persaingan ini sekarang.

Comment di sini