Ini Jumlah Kerugian Akibat Amblesnya Hambalang

by
May 28th, 2012 at 1:22 pm

MI/Dede Susianti

Dua gedung yang dibangun dalam proyek Wisma Atlet di Bukit Hambalang, Sentul, Bogor, Jawa Barat ambruk. PT Adhi Karya selaku penanggungjawab pembangunan kompleks olahraga Hambalang mengaku mengalami kerugian hingga belasan miliar.

Direktur Utama PT Adhi Karya, Kiswodharmawan mengatakan bahwa pihaknya telah mengajukan asuransi sebesar Rp 14 miliar. Pengajuan asuransi diberikan ke pihak pembangun dua gedung yang ambruk tersebut.

Namun Kiswodarmawan tidak menyebutkan nama penggarap dua gedung yang ambruk tersebut. “Yang jelas ada kerjasama operasional (KSO) antara Adhi Karya dan Wijaya Karya untuk menggarap dua gedung tersebut,” katanya seperti dikutip dari Tempo.

Kabarnya gedung yang ambruk tersebut salah satunya adalah gedung tempat penyimpanan genset. Sejumlah genset disebutkan sudah ada dalam gedung tersebut dan sudah berhasil dievakuasi.

Kuat dugaan gedung yang ambruk di proyek pembangunan komplek olahraga Hambalang itu karena tanah longsor. Apalagi lokasi gedung yang dibangun di zona satu (di kaki Bukit Hambalang) membuat tanah jadi labil dan belum lagi adanya guyuran dari air hujan yang turun.

Saat ini proses pembangunan kedua gedung yang ambruk itu terpaksa dihentikan. Menteri Andi sendiri sudah meminta pihak kontraktor dan teknisi segera mengevaluasi dan mencari lokasi tanah yang aman dari longsor.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya bahwa kedua bangunan tersebut ambruk pada Jumat (25/5/2012) malam lalu. Tanah bangunan terlihat amblas dan longsor sampai 2-5 meter. Beruntung tidak ada korban jiwa karena semua pekerja sudah pulang.

Comment di sini