Jenis Air Yang Tidak Boleh Dikonsumsi

by
May 28th, 2012 at 4:54 pm

Air tidak pernah bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Apalagi sebanyak 80 persen dari tubuh manusia terdiri dari air. Itu artinya manusia tidak akan bisa bertahan hidup jika tidak ada air dalam tubuhnya. Lalu sudah yakin kah dengan keamanan air yang sering Anda minum tiap hari?

Karena bisa saja air putih yang selama ini Anda minum ternyata berbahaya bagi kesehatan. Hm.. tidak mau mengalaminya? Coba cari tahu jenis air yang tidak boleh dikonsumsi oleh tubuh manusia berikut ini:

1. Air Putih Mentah

Sejernih apapun air putih tersebut, selama masih mentah itu bisa berbahaya bagi kesehatan. Kenapa? Dalam air yang mentah atau belum direbus biasanya terkandung bakteri, virus, serta parasit, yang bisa menyerang tubuh manusia. Mulai dari penyakit typus, diare, radang viral hepatitis dan infeksi parasitis terdapat di air mentah. Masih berani konsumsi air mentah?

2. Air Sisa Mengukus

Air bekas mengukus roti atau makanan lainnya tidak boleh dikonsumsi karena berbahaya. Pasalnya dalam air sisa kukusan mengandung nitrat yang sangat tinggi. Jika kandungan nitrat sudah sangat tinggi maka si peminum bisa keracunan. Untuk kecantikan, nitrat bisa mengakibatkan penuaan dini pada kulit. :)

3. Air Belum Mendidih

Kebanyakan orang memilih konsumsi air yang belum mendidih karena tidak mau kepanasan (hangat). Namun tanpa disadari kita telah memasukan racun dalam tubuh kita. Konsumsi air yang tidak mendidih dapat meningkatkan resiko kanker prostat dan kanker rectum (bagian di usus besar). Minimal masak air dengan suhu 100 derajat atau pastikan air benar-benar mendidih dan biasanya ditandai gelembung.

4. Air Dimasak Dua Kali

Banyak orang yang memilih untuk memasak air sisa kemarin. Padahal hal itu tidak perlu dilakukan, kalau sudah dimasak satu kali biarpun sisa tetap saja tidak boleh dimasak kembali. Karena air matang yang dimasak lagi akan menambah kandungan nitrat dalam air. Jika berlebihan maka si peminum bisa keracunan.

5. Air Mengadung Zat Kimia

Kebanyakan air jenis ini dijual dengan berbagai macam merek. Campuran bahan kimia akan membuat air terlihat menarik dan punya rasa manis atau asam. Jika terlalu banyak mengkonsumsi air dengan zat kimia, ini meningkatkan resiko terkena diabetes, keropos tulang dan kanker. Lebih baik pilihlah air kemasan yang berasal dari sumber air yang alami tanpa zat kimia apapun. ;)

Itulah lima jenis air yang tidak boleh konsumsi karena berbahaya bagi kesehatan. Ingin hidup sehat, maka perhatikan tingkat kebersihan dari air yang akan Anda dan keluarga konsumsi.

Comment di sini