Media Asing pun Berbicara tentang Pembatalan Konser Lady Gaga

by
May 28th, 2012 at 9:55 am

Detik Foto

Indonesia menjadi salah satu negara tujuan dari konser Lady Gaga di Asia Tour-nya tahun ini. Tapi sayang, konser bertaraf internasional yang semula dijadwalkan tanggal 3 Juni, sudah dibatalkan karena munculnya penolakan dari beberapa pihak di Indonesia.  Tak pelak Indonesia sekali lagi menjadi sorotan dunia.

Apa kata media  asing tentang pembatalan konser Lady Gaga di Indonesia?

The Telegraph menulis bahwa Lady Gaga sudah membatalkan konsernya di Indonesia setelah mendapat protes keras dari Front Pembela Islam (FPI).

Media itu juga menulis bahwa sebenarnya Indonesia adalah salah satu dari 240 negara sekuler, yaitu negara yang melindungi rakyatnya untuk bebas beragama, dan yang seharusnya agama tidak boleh mencampuri urusan pemerintahan dan politik, serta tidak boleh mendiskriminasi agama lain.

 

The Telegraph

FPI juga mengancam akan mengahadang kedatangan Lady Gaga mulai dari bandara, kemudian sebagian dari mereka juga sudah membeli beberapa tiket konsernya sehingga mereka bisa melakukan kekacauan di konser tersebut.

Hampir senada dengan The Telegraph,  BBC News juga menyampaikan alasan serupa terkait pembatalan konser Lady Gaga di Indonesia. BBC News menulis bahwa Lady Gaga membatalkan konsernya karena alasan keamanan setelah kelompok agama di Indonesia melakukan protes keras atas diselenggarakannya konser tersebut.

BBC News

FPI mengatakan bahwa mereka sangat senang karena akhirnya pihak Lady Gaga membatalkan konser untuk tanggal 3 Juni mendatang. Mereka juga menambahkan bahwa Indonesia akan dilindungi dari dosa yang dibawa oleh Lady Gaga. Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga menyatakan kalau pembatalan ini akan membawa keuntungan bagi Indonesia sendiri.

Padahal sudah 50.000 tiket yang terjual untuk konser tersebut. Dengan adanya pembatalan ini, pihak promotor berjanji akan mengembalikan uang dari pembelian tiket tersebut. Para pemegang tiket berhak atas 100% uang kembali.

Di tempat lain, Reuters menuliskan hal yang sama bahwa Lady Gaga resmi membatalkan konsernya karena alasan keselamatan. Bukan hanya keselamatan Lady Gaga saja, tapi lebih pada keselamatan orang-orang yang menyaksikan konser tersebut.

Reuters

Protes keras untuk konsernya di Indonesia tidak membuat Lady Gaga membenci fans-nya di Indonesia. Dalam akun Twitternya Lady Gaga berkata bahwa dia juga sangat menyesal karena pembatalan konser tersebut, tapi dia berkata tetap akan membuat sesuatu yang spesial untuk penggemarnya di Indonesia.

Ketiga media tersebut menyebut Indonesia adalah negara sekuler, meskipun mayoritas masyarakatnya memeluk agama Islam. Konser Lady Gaga yang sedianya akan berlangsung tanggal 3 Juni di Indonesia sudah resmi dibatalkan karena faktor keamanan setelah banyak pihak yang mengatasnamakan agama menolak kedatangan Lady Gaga dan mengadakan konser di Indonesia.

 

Comment di sini