Siswi Dihukum Penjara Hanya Karena Sering Bolos (Video)

by
May 28th, 2012 at 4:50 pm

KHOU.com

Diane Tran, seorang remaja putri yang baru berusia 17 tahun dihukum penjara semalaman karena terlalu sering bolos sekolah.

Selain itu, siswi Willis High School di Texas, Amerika Serikat, ini juga didenda dengan nominal $ 100 Amerika atau sekitar Rp 950 ribu.Hukuman yang dijatuhkan kepada gadis ini menjadi kontroversial karena dinilai terlalu mengada-ada.

Seperti dikutip dari Huffingtonpost.com, Diane adalah siswi sekolah menengah atas yang harus bekerja demi menghidupi dua saudaranya.

Kedua orangtuanya telah berpisah dan tidak lagi mengurusinya. Ia tinggal di rumah orang yang memiliki gedung pernikahan dimana ia juga bekerja di sana.
Oleh karena kesibukannya membanting tulang, ia menjadi kelelahan sehingga sering tidak masuk sekolah.

Hukum di Texas mengatakan siswa yang bolos sekolah selama 10 hari atau lebih tanpa alasan selama 6 bulan akan dikirim ke pengadilan remaja untuk dijatuhi hukuman.

Hakim telah memperingatkan Diane pada bulan April, dan pada Rabu (23/5) yang lalu ia ditahan di penjara selama satu malam.

Diane sebenarnya bukanlah siswa yang malas. Ia bahkan sangat berprestasi dalam bidang Aljabar, Bahasa Inggris, dan Sejarah.Alasan utama kenapa ia membolos adalah karena pekerjaannya terlalu berat sehingga ia tak mampu bersekolah pada pagi hari karena kelelahan.

Kejadian ini membuat banyak orang tergerak hatinya. Dengan sekejap muncul kelompok-kelompok yang ingin membantu Diane lewat penggalangan dana.

HelpDianeTran.com, sebuat situs yang dibuat oleh Lousiana Children’s Education Alliance yang bekerja sama dengan Anedot dan Gatorworks telah mengumpulkan lebih dari $ 2.000 Amerika.

Sebuah petisi untuk membatalkan hukuman kepada Diane yang digalang lewat Change.org juga digalakkan. Ribuan orang telah menandatangani petisi itu.

Comment di sini