15 Fakta Unik Tentang Mimpi

by
May 29th, 2012 at 1:12 pm

Pasti semua orang pernah bermimpi. Kebanyakan dari mereka tidak tahu apa arti dari mimpi mereka itu. Tapi, sebagian orang beranggapan mimpi bisa jadi sumber inspirasi bagi kehidupan nyata mereka. Berikut ini ada beberapa fakta tentang mimpi yang belum diketahui oleh kebanyakan orang.

1. Semua Orang Pasti Bermimpi

Hal ini mungkin sudah lumrah kita dengar. Tentunya ketika seseorang ditanya pernahkah bermimpi, pasti jawabannya adalah pernah.

2. Orang Buta pun Bermimpi

Jangan salah! Orang yang terlahir buta juga bisa bermimpi. Walau memori otaknya tidak pernah menyimpan gambaran tentang benda-benda di dunia ini, bukan berarti orang buta tidur tanpa mimpi. Mereka bermimpi melalui indera yang lain seperti pendengaran mereka. Dalam tidurnya mereka seakan mendengar suara, atau bisa merasakan nikmatnya makanan, dll.

3. Hewan pun Bermimpi

Tidak hanya manusia, ternyata hewan juga bermimpi loh. Sebuah penelitian mengatakan bahwa ada kemiripan pada lekukan otak manusia dan otak hewan ketika sedang tertidur. Contohnya saja, kadang anjing atau kucing suka menggerakkan kakinya sendiri ketika sedang tertidur nyenyak.

4. Seringkali Lupa Pada Mimpinya

Setiap orang pasti bermimpi, memang iya. Tapi secepat itu pula mimpi tersebut terlupakan. Jika ditanya kembali tentang mimpinya, maka kebanyakan orang lupa akan mimpinya walau baru 1 malam berlalu. Ini adalah kecenderungan yang sering terjadi.

5. Mimpi Hitam-Putih

The Photo Argus

Biasanya mimpi yang dialami sebagian besar orang hanya dalam 2 warna, yaitu hitam dan putih (warna dasar). Hanya sedikit orang yang mendapat mimpi yang penuh warna (Full Color).

6. Mimpi yang berbeda-beda dalam 1 malam

Kadang kala, seseorang juga dapat mengalami beberapa mimpi yang berbeda dalam 1 malam.

7. Mimpi berisi Simbol

Vopus

Mimpi selalu berisikan simbol-simbol yang terekam dalam benak seseorang. Biasanya, simbol itu memiliki tafsiran yang berbeda-beda.

8. Hanya Simbol yang Dikenal

My Opera

Simbol ataupun gambaran seseorang yang muncul di dalam mimpi, biasanya, adalah benda-benda ataupun orang terdekat. Semuanya berasal dari lingkungan sekitar. Simbol-simbol itu merupakan benda yang bisanya sering kita temui.

9. Penggabungan dengan Dunia Nyata

Penggabungan dengan dunia nyata maksudnya adalah apa yang sebenarnya kita rasakan pada dunia nyata ketika sedang tertidur, ternyata menjadi bahan untuk mimipi kita. Misalnya: mimpi makan ikan bakar yang lezat, dan aromanya sampai ke hidung, ternyata ibunda di rumah sedang masak ikan bakar (makanan kesukaan).

10. Perbedaan Mimpi Wanita dan Pria

Mimpi seorang pria tentu berbeda dengan mimpi seorang wanita. Susunan otak pria dan wanita juga berbeda, cara berpikir pria dan wanita juga cenderung berbeda, tentunya hal ini juga berpengaruh pada mimpi mereka. Misalnya: simbol-simbol yang mucul dalam mimpi wanita, lebih menggambarkan sisi kewanitannya.

11. Saat Bermimpi Tubuh Menjadi Lumpuh

Dreaming Life

Inilah alasannya mengapa ketika mimpi buruk dan ingin menggerakan tubuh Anda terasa sangat sulit. Ternyata memang ada bagian otak kita yang memerintahkan pada anggota gerak untuk berhenti. Tapi ini tidak berlangsung lama.

12. Mimpi Masa Depan

Kadang kala, mimpi melihat masa depan ini dapat muncul. Tapi ini tidak selalu terjadi. Ini sangat dekat kaitannya dengan istilah yang sering disebut de ja vu.

13. Mimpi Disebabkan Emosi

Mimpi bisa muncul juga karena adanya faktor emosi. Ketika rindu pada seseorang, maka orang tersebut akan kerap kali muncul dalam mimpi. Ketika marah dengan seseorang, maka mimpinya bisa saja mengisahkan pertengkaran dengan orang tersebut.

14. Mimpi tentang Seksualitas

Biasanya seksualitas selalu berada di area fantasi dalam otak seseorang, maka tak jarang mereka juga mengalami mimpi tentang seksualitas.

15. Si Pendengkur Jarang Bermimpi

Pada kasus yang ini, tidak selalu terjadi demikian. Mungkin, penyebab si pendengkur jarang bermimpi ialah karena suara dengkurannya yang sebenanrnya mengganggu mereka sendiri. Atau mereka terlalu fokus kepada suara dengkuran yang dihasilkan.

Bored Panda

Comment di sini