Ada Pesta Venus di Langit Minggu Depan

by
May 29th, 2012 at 10:42 am

Detlef Koschny

Di tahun 2012 ini Indonesia berkesempatan untuk melihat berbagai macam fenomena yang ada di langit. Diperkirakan pada Rabu, 6 Juni 2012 mendatang fenomena transit Venus akan terlihat diseluruh wilayah Indonesia. Fenomena ini bisa terlihat saat matahari terbit.

Fenomena transit Venus ini akan membuat matahari terlihat memiliki bintik hitam kecil. Hampir sama dengan gerhana matahari, hanya saja kali ini lebih kecil. Ini terjadi saat planet Venus berada di tengah antara Matahari dan Bumi.

Menurut Ketua Program Studi Astronomi Institut Teknologi Bandung, Taufiq Hidayat peristiwa transit Venus ini adalah peristiwa yang langka. Peristiwa ini terjadi dengan periode 105 tahun sekali. “Ini peristiwa sekali seumur hidup,” ujar Taufiq.

Di wilayah timur Indonesia seperti Papua, Maluku, dan Sulawesi transit Venus akan berlangsung selama enam jam. Transit bisa dilihat sekitar pukul 07.09 WIT saat itu matahari baru muncul di balik horizon dan Venus masuk perlahan dalam piringan matahari.

Sementara di wilayah lain seperti di Sumatera, Bali, Jawa, dan Kalimantan fenomena ini akan terlihat saat Venus sudah berada di dalam piringan matahari.

Taufiq menjelaskan kalau fenomena transit Venus ini terjadi berpasang-pasangan dengan jarak 8 tahun. Setiap pasang transit berjarak dengan kurang lebih 105 sampai 122 tahun. Dengan kata lain transit Venus berikutnya yang bisa dilihat dari Bumi terjadi pada tahun 2117.

Fenomena transit Venus ini baru dilihat sebanyak tujuh kali sepanjang sejarah. Tiga transit terakhir tercatat mendapat sambutan meriah dari seluruh dunia. Pasalnya hampir semua negara kecuali Brazil, Afrika Selatan, dan Portugal bisa melihat fenomena ini.

Selain transit Venus, Indonesia juga akan kedatangan fenomena gerhana bulan sebagian. Dimana bulan akan terlihat gelap sebagian karena terhalang oleh bayangan bumi. “Ini seperti pesta langit buat Indonesia,” ujar Taufiq.

Fenomena gerhana bulan sebagian ini akan terjadi pada Senin, 4 Juni 2012 mendatang. Fenomena ini akan berlangsung selama 2 jam. Dimana di bagian timur wilayah Indonesia fenomena ini akan terjadi pukul 18.59 WIT.

Sementara di wilayah Indonesia bagian barat, gerhana bulan sebagian ini akan terjadi sekitar pukul 19.06 WIB. Gerhana bulan berikutnya akan terjadi pada 15 April 2014. Tidak mau menunggu gerhana bulan berikutnya? Makanya jang lupa untuk saksikan sendiri fenomena gerhana bulan sebagian 4 Juni 2012 mendatang yah! :)

Comment di sini