CiriCara: Cara Cepat Dapat Tempat Magang Kerja

by
May 29th, 2012 at 4:31 pm

Beberapa universitas tinggi di Indonesia biasanya menerapkan sistem kerja magang untuk para peserta didiknya. Masa magang kerja biasanya hanya sekitar 3 bulan atau juga lebih. Biasanya para mahasiswa atau murid sering kali kesusahan dalam mendapatkan tempat magang.

Sebenarnya perusahaan di Indonesia itu sangatlah banyak. Hanya saja tidak semua perusahaan bisa menerima peserta magang. Alasannya karena peserta magang tidak berpengalaman. Nah, agar kamu bisa cepat dan tidak ditolak saat melamar magang, berikut ada caranya:

1. Internet

Gunakanlah internet untuk mencari informasi tentang perusahaan yang akan kamu pilih buat magang. Kenali bidang bisnisnya dan pelajari semua peraturan kerja di perusahaan tersebut. Dengan cara ini kesempatan kamu untuk diterima magang jauh lebih besar.

2. Minta bantuan kampus

Agar akses ke perusahaan lebih mudah tidak ada salahnya minta bantuan dari kampus. Pilihlah perusahaan yang memang sudah bekerjasama dengan pihak kampus atau universitas dan sesuai dengan akademik yang kamu pilih. Kemungkinan diterima diperusahaan ini jauh lebih besar dibanding kamu ngelamar sendiri.

3. Pilih perusahaan yang lagi butuh pekerja

Carilah informasi perusahaan yang sedang membutuhkan tenaga kerja. Pilih perusahaan yang membutuh staf sesuai dengan pendidikan kamu. Karena sedang membutuhkan tenaga kerja, maka kesempatan kamu untuk keterima magang jauh lebih besar.

4. Kontak dengan senior

Kaka kelas atau senior kamu mungkin bisa memberikan informasi terkait dengan perusahaan tempat dia magang dulu. Segera hubungi senior kamu dan minta alamat serta cari informasi tentang perusahaan tempat dia magang dulu. Ini jauh lebih efektif dibandingkan kamu harus berkeliling tidak jelas arah dan tujuan.

5. Jangan takut bertanya

Buang rasa mau atau takut kamu jika ingin cepat dapat tempat magang. Cobalah untuk memberanikan diri bertanya kepada senior, dosen atau perusahaan. Tidak ada salahnya jika dicoba.

Dengan menggunakan cara-cara di atas pasti kamu bakal cepat mendapat tempat magang. Jika sudah dapat lebih baik bekerjalah dengan baik dan sungguh-sungguh siapa tahu nanti kamu bisa diterima jadi karyawan setelah lulus nanti.

Comment di sini