10 Agama Aneh di Muka Bumi

by
May 30th, 2012 at 5:10 pm

Di Indonesia, agama/kepercayaan  yang diakui hanya ada 6 (Islam, Kristen, Katholik, Buddha, Hindu, dan Kong Hu Cu). Namun tahukah kamu kalau ada agama/kepercayaan lain di luar sana? Beberapa agama/kepercayaan serupa dengan agama/kepercayaan di Indonesia, namun ada pula yang aneh dan sulit dipercaya.

Inilah kepercayaan yang aneh itu.

1. Lingkaran Pertemanan (Circle of Friends)

Bruno Groening

Paham ini dicetuskan oleh Bruno Groening. Dia adalah seorang mantan tabib dan juga guru ketika Perang Dunia II sedang berlangsung.

Lingkaran Pertemanan  adalah suatu perkumpulan besar bagi mereka yang sudah percaya kepada paham-paham yang diajarkan oleh Bruno.

Bruno meyakini bahwa dirinya memperoleh kuasa penyembuhan dari Tuhan dengan energi khusus yang dia terima. Oleh sebab itu, ketika Bruno wafat di tahun 1959, pengikutnya meneruskan paham ini dan mereka juga menyembuhkan orang-orang sakit.

2. Kerajaan Langit (Sky Kingdom)

BBC News

Paham Kerajaan Langit berasal dari Malaysia karena pendirinya, Arifin Muhammad adalah seorang yang berkebangsaan Malaysia. Arifin lebih akrab dipanggil Ayah Pin.

Ayah Pin menyatakan bahwa dirinya adalah wujud inkarnasi dari Tuhan kelima agama (Islam, Kristen,Katholik, Buddha, Hindu). Dia mengajarkan pada pengikutnya untuk mempercayai semua hal.

Dalam pengajarannya, Ayah Pin menggunakan teko teh sebagai simbol cinta yang dituangkan dari Surga.

3. Yaohnanen

Ini merupakan sebuah paham yang melekat pada suku Yaohnanen. Suku yang berada selatan pulau Tanna di Vanuatu (sebuah pulau di kepulauan Samudera Pasifik, sebelah timur Australia). Suku ini percaya bahwa Pangeran Philip adalah Tuhan mereka.

Mereka percaya bahwa roh Pangeran Philip bersemayam di sebuah gunung berapi yang ada di tanah mereka, oleh sebab itu, para penganut kepercayaan ini selalu mengadakan ritual pada tanggal 10 Juni, yaitu hari kelahiran Pangeran Philip.

4. Pintu Gerbang Surga

Kylie In Gold

Kepercayaan yang menamakan dirinya Pintu Gerbang Surga, dibentuk oleh seorang yang bernama Marshall Applewhite. Para penganut paham ini membuat pesawat terbang sendiri untuk keluar dari planet ini, karena Marshall membagikan pengalaman “nyaris-mati”-nya kepada para pengikutnya bahwa Bumi ini akan memasuki proses daur ulang.

5. Pythagoreanisme

Kepercayaan ini dibentuk sendiri oleh Pythagoras. Seorang ahli matematika yang berhasil membuat rumusan segitiga Pythagoras. Dia mengaku bahwa dirinya adalah semi Tuhan dan percaya bahwa kenyataan selalu berdasar pada matematika.

Pythagoras memiliki pengertian sendiri tentang angka-angka, yang disebutkan di bawah ini:

Angka 1 adalah angka untuk sebuah alasan
Angka 2 adalah angka untuk wanita, pendapat
Angka 3 adalah angka untuk pria, keharmonisan
Angka 4 adalah angka untuk keadilan
Angka 5 adalah angka untuk pernikahan
Angka 6 adalah angka untuk kreasi

6. Gereja Seluruh Dunia

Oddity Central

Gereja yang memiliki misi untuk membangkitkan kembali Gaia, Dewi Bumi pada jaman kerajaan Yunani kuno yang dipercayai sebagai ibu dari segala makhluk. Gereja ini dibentuk oleh Oberon Zell-Ravenheart, yang didasari oleh cerita fiksi pada novel yang dia tulis.

7. Solipsisme

Wikipedia

Ini merupakan paham yang mempercayai bahwa dunia dan segala isi yang ada di dalamnya diciptakan hanya oleh 1 pikiran. Seorang Solipsis-lah yang memiliki pikiran itu. John. Humphrey Noyes sebagai orang yang mencetuskan gagasan untuk paham ini. Paham ini tidak memiliki acara-acara ritual khusus.

8. Komunitas Oneida

Oneida Community

Ini merupakan suatu perkumpulan yang terbentuk sejak tahun 1848 di New York, dan John H. Noyes lah yang juga menderikan perkumpulan ini. Dalam perkumpulan ini, mereka menyatakan bahwa mereka akan membawa kebenaran dari kekristenan dengan cara menggabungkan beberapa paham teologia dari berbagai sekte-sekte gereja di seluruh dunia.

9. Gereja Euthanasia

Church Of Euthanasia

Ini merupakan gereja yang sangat fokus kepada keadaan dunia. Oleh sebab itu mereka menyarankan untuk membunuh diri sendiri demi menyelamatkan planet Bumi ini. Gereja ini didirikan oleh Chris Korda di Amerika Serikat. Gereja ini memiliki satu perintah mutlak yaitu “Janganlah Engkau Berkembang Biak”.

10. Iglesia Maradoniana

Blog on Cherry

Ini merupakan suatu paham yang dibuat oleh pesepak-bola legendaris Diego Maradona. Pada tahun 2001, gereja ini resmi dibuka dan memiliki 80.000 pengikut. Dalam gereja ini, Maradona-lah yang menjadi pusat penyembahan, sebab gereja ini merayakan hari Natal pada tanggal 29 Oktober, yaitu tanggal kelahiran Maradona.

Comment di sini