CiriCara: Cara Sukses Usaha Dengan Modal Kecil

by
May 30th, 2012 at 3:23 pm

Kebanyakan orang mengaku tidak punya modal untuk usaha. Alasan modal usaha sedikit terkadang membuat seseorang jadi pesimis. Padahal jika diolah secara tepat modal usaha yang kecil itu bisa menghasilkan keuntungan yang besar lho. Tidak percaya?

Tidak perlu takut mencoba membuka usaha dengan modal sedikit. Asalkan Anda bisa mengaturnya dengan baik maka modal sedikit ini akan berbuah banyak. Berikut beberapa cara yang mungkin membantu Anda dalam meraih sukses usaha.

1. Tentukan jenis usaha

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan jenis usaha yang akan dipilih. Cocokan modal dengan jenis usaha yang akan Anda pilih. Lebih baik pilih usaha yang bisa dijalankan dengan modal sedikit. Biasanya usaha yang cocok untuk modal sedikit adalah jenis jasa.

2. Cara berbelanja

Agar modal yang sedikit itu bisa berbuah banyak maka belilah barang-barang yang murah tapi bisa menghasilkan keuntungan. Walapun keuntungannya kecil, asal jumlah barangnya banyak maka kelamaan keuntungan juga akan banyak.

3. Pilih barang yang lagi hot

Jika bisnis atau usaha yang Anda pilih adalah berdagang atau jualan, maka pilihlah barang yang lagi dicari oleh banyak orang (hot). Dengan cara ini maka barang dagangan Anda akan cepat habis dan uang dari hasil jualan tersebut bisa jadi modal buat esok harinya.

4. Kerja sama

Jika Anda ingin membuka usaha yang besar, maka buatlah satu mitra kerja dengan orang lain. Ajaklah orang yang punya modal banyak untuk bekerja sama untuk mengembangkan usaha Anda. Dengan penambahan modal dari investor maka usaha yang tadinya kecil bisa berkembang jadi besar.

5. Menabung

Tabunglah semua keuntungan yang diperoleh dari usaha Anda. Nantinya tabungan ini bisa digunakan sebagai cadangan modal usaha. Tabungan ini juga bisa digunakan untuk memperbesar usaha Anda.

Dengan cara-cara diatas modal yang tadinya sedikit akan berbuah besar. Tapi ingat menjalankan usaha dengan modal sedikit sangatlah membutuhkan kesabaran. Jadi bersabar sajalah agar bisa sukses. :)