Dipecat Karena Tidak Berkerudung, Manajer Bank Luncurkan Gugatan

by
May 30th, 2012 at 9:34 am

thenational.com

Vivian Salemah manajer bank yang dipecat gara-gara menolak pakai kerudung akhirnya mengajukan gugatan arbritase Teluk Arab. Ia yang beragama Kristen merasa terprovokasi dengan peraturan bank yang baru tersebut.

Vivian Salemah menjadi asisten manajer operasional Bank Islam Dubai Yordania sejak 2010 dan akhirnya dipecat pada pekan lalu. Vivian mengatakan bahwa ia merasa diberlakukan secara tidak adil oleh pihak bank.

“Kami bukanlah Iran. Kami adalah warga Yordania, dan kami harus meneruskan kebebasan beragama dan personal yang dijamin oleh undang-undang,” ujarnya.

Vivian merasa berhak untuk menolak memakai kerudung karena di agamanya tidak pernah ada peraturan seperti itu. “Saya seorang Kristen. Mengapa saya harus mengenakan sesuatu yang tidak diajarkan dalam agama saya?” kata Vivian saat diwawancara.

Sementara itu pihak bank melalui juru bicaranya, Eman Affaneh, membenarkan kabar kalau Vivian Salemah sudah dipecat. Pasalnya pihak bank memecatnya karena dia tidak mau mengikuti peraturan bank yang sudah ada dalam kontrak.

“Kami berada di sebuah negara Islam yang memiliki tata cara berpakaian sebagai bentuk refleksi tata nilai dan tradisi muslim konservatif,” kata Affaneh seperti dikutip dari Tempo.

Affaneh menuturkan bahwa pihak bank sudah memberikan satu set seragam kerja kepada Vivian. Dimana dalam set seragam tersebut terdapat baju, rok panjang sampai ke lutut dan tutup kepala. Seragam tersebut disesuaikan dengan model terkini yang sudah digunakan oleh perempuan-perempuan di Yordania.

“Itu bukan kerudung, hanya penutup seluruh rambut,” tuturnya.

Vivian yang menerima seragam itu hanya memakai seragam saja tanpa penutup rambut. Padahal pihak manajemen bank sudah memberitahu kewajiban untuk mengenakan penutup kepala.

Vivian Salemah awalnya bekerja di Bank Pembangunan Industrial Yordania selama 25 tahun. Pada tahun 2010 lalu, Vivian kemudian dipindahkan ke Bank Islam Dubai Yordania. Dimana pada 2011 di Bank Islam Dubai Yordania mengeluarkan peraturan baru yang mengharuskan semua pekerja perempuannya untuk berpenutup rambut.

Comment di sini