Jakmania-Viking Akan Segera Damai?

by
May 30th, 2012 at 12:01 pm

harianolahraga

Kasus pertikaian antar suporter kini kembali memakan korban jiwa. Minggu (27/5/2012) lalu satu orang anggota Viking pendukung Persib Bandung tewas dikeroyok oleh The Jakmania pendukung Persija Jakarta. Agar tidak terjadi lagi kedua belah pihak pun diminta untuk berdamai.

Ketua Viking, Heru Joko, mengaku prihatin dengan kejadian yang terjadi usai pertandingan Persija melawa Persib di Gelora Bung Karno tersebut. Dia pun mengucap belasungkawa dan mengajukan rencana untuk berdamai dengan The Jakmania.

“Saya sangat kaget saat mendengar kabar ini. Saya mengucapkan belasungkawa sedalam-dalamnya, atas kejadian ini,” kata Heru saat berada di rumah korban, Rangga Cipta Nugraha di Jalan RE Edang Suanda (Pasirleutik), Selasa (29/5/2012) kemarin.

Heru selaku ketua Viking ingin pertikaian dengan The Jakmania yang sudah berlangsung selama bertahun-tahun bisa segera dihentikan. Ia meminta semua pihak termasuk PSSI selaku organisasi sepakbola tertinggi di Indonesia untuk ikut mendukung perdamaian Viking dan The Jakmania.

“Harus ada pertemuan dari kedua belah pihak dan semua pihak harus membantu. Bukan hanya suporter saja, tapi semua yng dapat berkaitan dengan masalah ini, termasuk PSSI,” ujar Heru yang hadir di pemakaman Angga Cipta Nugraha anggota Viking yang tewas.

Ucapan belasungkawa untuk keluarga Angga juga datang dari Manajer Persib Umuh Muchtar mewakili PT Persib Bandung Bermartabat (PBB). Namun menurut Umuh rencana perdamaian antara Viking dan The Jakmania akan sulit.

“Kami tidak menyangka akan ada korban dari bobotoh (viking), padahal sebelumnya sudah diimbau bobotoh tidak datang ke GBK. Saya jadi pesimistis, padahal sebelumnya kami sudah mengupayakan untuk perdamaian Viking-The Jak, kalau sudah begini sepertinya akan susah untuk berdamai kembali,” keluh Umuh.

Rencananya, sebagai wujud duka atas tewasnya anggota Viking Rangga Cipta Nugraha, para pemain Persib akan memakai pita hitam saat laga melawan Mitra Kukar, Sabtu (2/6/2012) mendatang.

Pertandingan antara Persija Jakarta melawan Persib Banding di Gelora Bung Karno, Minggu (27/5/2012) lalu itu berakhir imbang. Hingga peluit akhir dibunyikan skor 2-2 tidak berubah.

Comment di sini