Kenali Bahaya Efek Samping Jamu Ilegal

by
May 30th, 2012 at 3:34 pm

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI melakukan razia dan menyita jamu-jamu ilegal. Jamu yang disita ini tidak memiliki izin edar juga mengandung bahan kimia berbahaya serta melanggar aturan dalam mencantumkan nama penyakit pada kemasan.

Karena maraknya jamu-jamu aspal ini, masyarakat diimbau agar lebih berhati-hati dalam memilih produk jamu untuk dikonsumsi.

Berikut ini adalah bahan-bahan kimia yang sering kali ditemukan dalam produk jamu ilegal lengkap dengan efek dan resiko yang terjadi jika dikonsumsi tanpa pengawasan dokter.

1. Parasetamol

Ini adalah kandungan obat yang biasa digunakan untuk menurunkan panas. Jika obat ini dikonsumsi terus menerus, dapat menyebabkan kerusakan hati.

2. Asam mefenamat

Obat ini mengandung bius sehingga akan menyebabkan kantuk. Jika dikonsumsi tanpa pengawasan dapat mengakibatkan diare, ruam kulit, anemia hemolitik. Kejang. Ruam kulit dan juga trombositopenia. Obat ini tidak boleh dikonsumsi oleh orang dengan riwayat penyakit ginjal, asma dan tukak lambung atau usus.

3. Metampiron

Obat ini bisa mengakibatkan gangguan saluran pencernaan mulai dari yang ringan seperti mual sampai yang berat seperti pendarahan lambung, rasa terbakar, gangguan system saraf seperti telinga berdenging, neuropati, pembentukan sela darah terhambat, gangguan ginjal, dan bahkan kematian.

4. Prednisone

Jika jamu yang dikonsumsi mengandung zat kimia ini, seseorang bisa mengalami moon face, tukak lambung, gangguan muskuloskelestal, osteoporosis, gangguan endokrin, mual-mual, insomnia, glaukoma dan lain-lain.

5. Sibutramin Hidroklorida

Zat ini dapat membuat tekanan darah meningkat, denyut jantung meningkat dan juga sulit tidur. Obat ini tidak boleh dikonsumsi oleh orang dengan penyakit aritmia atau stroke, gagal jantungkongestif dan arteri coroner.

6. Siproheptadin

Konsumsi obat ini dapat menyebabkan muntah-muntah, mual, diare, anemia hemolitik, trombositopeni, leucopenia dan agranulositosis.

7. Sildenafil Sitrat

Obat ini dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, mual nyeri perut, gangguan penglihatan, radang hidung, infark miokard, palpitasi, nyeri dada dan juga kematian.

8. Fenilbutason

Konsumsi obat ini dapat menyebabkan muntah, ruam kulit, retensi cairan, edema, pendarahan lambung, mual, nyeri lambung, perforasi, gagal ginjal, anemia aplastic, agranulositosis, nefritis, hepatitis dan lain-lain.

9. Teofilin

Konsumsi obat ini dapat menyebabkan aritmia, palpitasi, mual gangguan saluran cerna, sakit kepala insomnia dan juga jantung berdebar kencang.

Itu dia 9 zat yang biasa dicampur dalam jamu ilegal. Pastikan kamu melihat label BPOM apakah produk jamu yang kamu beli itu memiliki registrasi yang resmi atau hanya jamu abal-abal. Mengonsumsi jamu yang mengandung zat tersebut dapat merusak kesehatan bukan malah membuat badan jadi lebih sehat.

Comment di sini