Keju Parmesan Juga Jadi Korban Gempa Italia

by
May 30th, 2012 at 1:44 pm

Detik

Gempa kembali mengguncang Italia, di bagian utara kota Bologna, pada hari Minggu kemarin mengakibatkan 7 orang meninggal. Gempa yang dahsyat ini juga mengguncangkan industri keju Parmesan di Italia.

Belum reda rasa khawatir, Italia kembali dilanda gempa dengan jumlah korban lebih besar pada Selasa (29/5). Belasan orang meninggal dan puluhan bangunan rusak akibat gempa berkekuatan  5,8 skala Richter itu.

Gempa beruntun ini mendatangkan kerugian pada industri keju yang cukup terkenal di Bologna dan Parma.

Kabarnya, kerugian yang diderita pabrik keju di sana mencapai 243 juta Euro atau setara dengan Rp 2.8 triliun. Gempa tersebut meruntuhkan batangan keju layaknya mainan domino.

1 batang keju parmesan itu memiliki berat 40 Kg dan harus melewati proses pengendapan selama 2 tahun, baru kemudian bisa didistribusikan ke pasaran. Dengan kata lain, sebelum keju parmesan dapat dikonsumsi, mereka harus diolah dan diendapkan melalui proses panjang. 1 batang keju parmesan memiliki harga jual senilai 423 euro atau sekitar 5 juta rupiah.

Dante Caretti, sang produsen keju parmesan mengungkapkan bahwa hasil kerjanya selama 2 tahun ini terbuang begitu saja. Pasti akan ada kekosongan yang besar di pasaran akibat bencana tersebut.

Ternyata gempa yang dahsyat itu tidak hanya merugikan produsen keju parmesan, tapi juga bagi produsen daging prosciutto ham. Hal ini disebabkan karena banyaknya babi yang mati tertimpa reruntuhan akibat gempa. Para peternak babi tersebut juga ikut merasakan imbas dari gempa Italia.

Namun, Perdana Menteri Italia Mario Monti berkata bahwa pemerintah akan memberikan santunan ganti rugi untuk membantu industri-industri yang menderita kerugian serta 5.000 warga yang kehilangan rumah.

Travel & Tourism

Comment di sini