Ribuan Virus Di Android Ditemukan

by
May 30th, 2012 at 10:48 am

Nampaknya Anda para pengguna sistem operasi Android harus semakin berhati-hati dalam mengunduh aplikasi-aplikasi di App Market. Program jahat seperti virus dan malware rupanya sudah bertebaran sangat banyak, dengan jumlah yang bahkan sudah melebihi angka 5.000.

Trend Micro, salah satu vendor keamanan jaringan, telah berhasil menemukan setidaknya 5.000 malware di dalam aplikasi-aplikasi untuk sistem operasi Android. Yang mengejutkan adalah, penemuan itu ditemukan hanya dalam kurun waktu tiga bulan pertama saja selama tahun ini!

Aulia Huriadi, konsultan teknikal senior Trend Micro Indonesia, mengungkapkan bahwa pertumbuhan Android yang sangat cepat, sayangnya juga diimbangi dengan peningkatan serangan malware yang cepat.

Masih menurut beliau, di antara ribuan malware tersebut, ada banyak sekali di antaranya yang merupakan spyware (aplikasi pengintai). Dan bahkan salah satunya sudah diunduh lebih dari seratus ribu kali. Spyware adalah program jahat yang menerobos batas privasi si pengguna, dan bisa memantau seluruh aktivitas pengguna, tanpa si pengguna itu sadari.

Maka dari itulah, seluruh pengguna sistem operasi Android diharapkan bisa meningkatkan kewaspadaan mereka, dengan cara salah satunya adalah tidak sembarangan mengunduh aplikasi-aplikasi yang tersedia di App Market resmi maupun tidak.

Comment di sini