Awas! Makanan Enak Bisa Menjadi Musuh

by
May 31st, 2012 at 4:51 pm

Banyak dijumpai makanan yang tampak nikmat ketika dipandang tapi belum tentu baik untuk dikonsumsi, meskipun makanan itu terkenal sehat. Kita harus pintar-pintar memilih  makanan yang baik untuk tubuh dan kesehatan.

Berikut ini adalah makanan-makanan yang terlihat sedap, namun mengandung bahaya yang tersembunyi terutama apabila konsumsi dilakukan secara berlebihan :

1. Bran muffin

Biasanya menjadi santapan pada pagi hari dengan ditemani secangkir kopi. Terlihat kecil tetapi ternyata banyak mengandung kalori hingga lebih dari 400 kalori dan kadar lemaknya mencapai 15 gram. Ada baiknya apabila Anda membuatnya sendiri agar terkontrol dan rendah kandungan lemak dan kalorinya.

2. Selai kacang

Selai kacang, yang rendah lemak sekalipun, memiliki kandungan kalori yang cukup besar. Selai kacang rendah lemak mengandung gula dengan jumlah kalori dengan kandungan karbohidrat dua kali lebih banyak. Selai kacang biasa walau memiliki kadar lemak yang lebih tetapi jika Anda memakannya sedikit saja itu dapat membuat perut terasa kenyang.

3. Protein Bar

Protein bar merupakan cemilan pengganti makanan, karena di dalamnya sudah mengandung vitamin dan protein yang dicampurkan dengan permen agar menjadi satu cemilan yang meyehatkan. Namun jangan terlalu sering mengonsumsi cemilan ini, karena kandungan lemak dan karbohidratnya mencapai dua kali lipat dari kue coklat.

4. Buah-buahan  kering

Buah adalah cemilan yang menyehatkan, tapi bagaimana dengan buah kering? Buah kering pun sebenarnya sehat, namun berbeda dengan buah segar yang tidak dicampur bahan pengawet apapun ketika dihidangkan, buah kering mengandung lebih banyak kalori. Lebih baik mengonsumsi buah segar atau buah yang dibekukan ketimbang dikeringkan.

5. Shushi

Di balik ukurannya yang kecil, sushi mengandung kalori mencapai lebih dari 500 kalori di setiap gulungannya. Apabila ingin membuat atau memakan sushi, pastikan tidak terdapat keju atau saus mayones di dalamnya apabila tak mau mendapatkan kalori berlebih.

6. Burger

Siapa bilang burger ayam itu lebih  baik ketimbang burger daging sapi jika dilihat dari kandungan kalorinya? Justru burger isi daging ayam mengandung lebih banyak kalori (600 kalori dan 30 gram lemak),  belum ditambah toping dan rotinya. Anda boleh memilih sesuai dengan selera, hanya saja  Anda perlu membatasi porsi  untuk dikonsumsi.

7. Yogurt

Yogurt terbuat dari susu yang sangat penting karena kandungan kalsium dan vitamin D-nya tinggi. Namun, Anda harus pintar untuk memilihnya karena ada banyak yogurt yang kandungan lemak dan gulanya sangat tinggi. Pilihlah yogurt yang putih atau tanpa rasa, karena proteinnya dua kali lebih banyak dan kalorinya cukup rendah. Bacalah label informasi gizi yang terdapat di kemasannya terlebih dahulu sebelum Anda membelinya.

Comment di sini