Buntut Kematian 3 Suporter, Persija Batal Main di Jakarta

by
May 31st, 2012 at 11:14 am

Tribunnews.com/Deni Denaswara

Tiga suporter sepakbola usai laga Persib Bandung melawan Persija Jakarta tewas dikeroyok The Jakmania (Pendukung Persija) pada Minggu (27/5/2012) lalu. Tidak ingin hal serupa terjadi, pertandingan antara Persija melawan PSPS Pekanbaru pada 3 Juni 2012 batal digelar di Stadion Gelora Bung Karno.

Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya Komisaris Besar Agung Budi Maryoto mengatakan bahwa keputusan ini adalah hasil evaluasi usai laga Persija melawan Persib. “Pertandingan dipindah ke Cilegon, Banten,” kata Agung di Mapolda Metro Jaya, seperti dikutip dari Tempo.

Sebelumnya, pihak Polda Metro Jaya sudah menyiapkan dua opsi terkait laga Persija lawan PSPS di babak lanjutan Indonesia Super League (ISL). Opsi pertama adalah penundaan pertandingan dan kedua adalah pemindahan lokasi pertandingan.

Pada akhirnya opsi yang dipilih adalah pemindahan lokasi dari Stadion Utama Gelora Bung Karno dipindah ke Cilegon, Banten. Namun, pihak Polda Metro Jaya mengatakan pemindahan ini hanya berlaku untuk sementara. Untuk laga selanjutnya masih akan dikoordinasikan lagi.

Selain untuk menghindari adanya korban jiwwa lagi, pemindahan lokasi pertandingan ini juga dimaksudkan untuk menghormati kematian tiga suporter tersebut. Adapun nama suporter tersebut adalah Lazuardi, Dani dan Rangga (Viking) suporter dari klub Persib Bandung.

Pihak suporter Persib atau dikenal dengan nama Viking sendiri sempat mengajukan rencana perdamaian dengan The Jakmania. Pasalnya Viking tidak mau lagi melihat adanya korban jiwa yang lain.

Comment di sini