Inilah Makanan Perusak dan Penyehat Kulit

by
May 31st, 2012 at 11:00 am

Merawat kulit ternyata tidak cukup hanya dari luar saja. Perawatan pun harus dilakukan dari dalam agar kulit senantiasa kencang dan terawat. Pernahkah orang mengira kamu memiliki usia lebih tua daripada usia kamu yang sebenarnya? Jika pernah, berarti keremajaan kulit kamu sudah sangat terganggu.

Mau tahu bagaimana cara agar kulit senantiasa kencang dan awet muda? Perhatikan nutrisi yang kamu asup.

Ternyata penampilan juga dipengaruhi oleh faktor makanan. Jika kamu sering mengonsumsi makanan tertentu dan menghindari makanan lainnya, hal ini yang bisa menjadi faktor penyebab kulit jadi lebih mudah keriput.

1. Gorengan dan panggangan


Makanan yang diolah dengan cara digoreng dan dipanggang ternyata mempengaruhi kolagen di kulit dan menjadi penyebab kulit jadi cepat keriput.

2. Gula dan lemak jahat


Dua bahan ini biasa ditemukan dalam makanan kemasan atau makanan cepat saji. Gula jika dikonsumsi secara berlebihan dapat mengurangi kekenyalan serta kelenturan kulit. Sebagai akibatnya, keriput akan lebih cepat muncul dan kulit jadi tampak lebih tua. Lemak jahat biasanya akan menyumbat dan membuat pembuluh darah jadi keras, efek yang ditimbulkan pun akan sama.

3. Garam berlebih


Kandungan garam juga biasa ditemui di makanan cepat saji atau kemasan seperti keripik dan sebagainya. Jika garam dikonsumsi berlebihan dapat membuat badan merasa dehidrasi sehingga kulit akan menjadi mudah mengering, berkerut, dan kusam.

4. Kafein berlebih


Meminum kopi atau teh memang bagus bagi kesehatan tapi pastikan tidak melebihi takaran yang seharusnya. Soda juga merupakan salah satu faktor yang dapat membuat kulit jadi tampak lebih tua karena bianya mengandung kafein dan gula yang cukup tinggi.

Jika ingin memiliki kulit yang kencang dan awet muda, baiknya kamu memperbanyak konsumsi makanan sehat seperti:

1. Bayam dan asparagus


Kandungan copper dalam sayuran ini cukup bermanfaat bagi kulit. Mineral ini berperan penting dalam memperbaiki kerusakan kulit yang diakibatkan radikal bebas. Copper juga dapat memicu produksi kolagen dalam kulit sehingga kulit akan tampak lebih kencang.

2. Buah kiwi, brokoli, dan parsley


Bahan-bahan ini kaya akan kandungan vitamin C-nya. Vitamin C adalah antioksidan yang ampuh untuk melindungi kesehatan. Antioksidan akan menekan hormon kortisol yang bereaksi terhadap stres dan juga memberi perlindungan dari radikal bebas.

3. Goji beri, blackcurrants, dan anggur merah

Buah-buahan ini mengandung polifenol. Polifenol adalah antioksidan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan juga kulit. Goji beri sendiri adalah buah yang dapat membantu memperbaiki kulit dan juga mengandung anti aging.

Itu dia makanan yang harus dihindari dan dikonsumsi agar kulit nampak awet muda dan senantiasa sehat. Jika kamu ingin memiliki kulit sehat dan kencang, perhatikan dan terapkan pantangan di atas.

Galtime

Comment di sini