Walah! Mobil Gubernur Banten Pakai BBM Bersubsidi

by
May 31st, 2012 at 9:33 am

Tempo

Berita soal penyelewengan BBM bersubsidi kali datang dari Banten.

Mobil pribadi gubernur, Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah, yang berjenis sedan Lexus LX 460 L ramai jadi perbincangan masyarakat karena tertangkap basah tengah minum BBM bersubsidi.

Mobil dengan plat nomor B 16 RAC itu terlihat sedang mengisi BBM jenis premium di salah satu SPBU di Kota Serang.

Setelah ditelusuri ternyata mobil mewah milik pejabat nomor satu di Banten itu mengisi BBM di SPBU 34-4213 di Jalan Ku Aujurum, Cipocok Jaya, Kota Serang. Dari hasil foto-foto yang beredar terlihat bahwa nozzle yang dipakai untuk mengisi mobil mewah itu berwarna kuning bukan biru.

Warna kuning berarti Premium sedangkan biru berarti Pertamax, sedangkan merah adalah Pertamax Plus.

Saat Gubernur Banten ini dikonfirmasi mengenai mobilnya yang menggunakan Premium, yang merupakan BBM bersubsidi, Ratu Atut tampak kaget dan mengaku tidak tahu soal itu.

“Premium yang mana?” katanya.

Ia mengatakan urusan BBM itu adalah urusan sopirnya bukan urusan dia.

Pemerintah Provinsi Banten sedianya bakal mengeluarkan sebuah peraturan yang melarang kendaraan pemerintah menggunakan BBM bersubsidi. Larangan ini muncul setelah adanya efisiensi bahan bakar minyak bersubsidi oleh pemerintah.

Gubernur Banten bahkan akan mengeluarkan surat imbauan kepada asosiasi-asosiasi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, juga kepada masyarakat yang memiliki kendaraan mewah untuk menggunakan BBM yang tidak diberi subsidi.

Jadi, surat tersebut bukan berisi larangan melainkan hanya imbauan saja karena memang tidak ada undang-undang yang melarang orang berduit mengonsumsi BBM bersubsidi meskipun sejatinya hanya orang tak mampu yang boleh menggunakan BBM jenis itu.

Ketika Ketua DPRD Banten Aeng Haerudin ditanya mengenai mobil Atut yang diberi BBM bersubsidi, Aeng berkomentar bahwa itu mungkin kerjaan sopir Gubernur saja.

Comment di sini