Pemerintah Depok Beri Rp 50 Ribu Buat Pelapor Gizi Buruk

by
May 31st, 2012 at 8:48 am

jibiphoto

Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat punya cara tersendiri untuk menekan angka kasus gizi buruk pada anak di kotanya. Pemerintah Depok berjanji akan memberikan hadiah bagi warganya yang menemukan dan melaporkan anak gizi buruk.

“Diberi hadiah Rp 50 ribu untuk membawa penderita ke pusat rehabilitasi gizi buruk yang telah disediakan,” kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kota Depok, Jawa Barat, Dewi Damayati seperti dikutip dari Tempo.

Setidaknya sudah ada dana sekitar Rp 3 miliar sudah disiapkan untuk mengatasi kasus gizi buruk di Depok. Dengan adanya cara pemberian hadiah ini, pemerintah Depok berharap angka kasus gizi buruk bisa ditekan dan bahkan sampai benar-benar bersih.

Rencananya para balita yang menderita gizi buruk akan dibawa ke Therapeutic Feeding Center, pusat rehabilitasi gizi buruk. Dimana lokasi rehabilitasi tersebut terletak di Puskesmas Sukma Jaya, Depok. Di sana tersedia bilik-bilik yang mampu menampung puluhan balita gizi buruk.

Dewi menjelaskan para penderita gizi buruk ini akan mendapat rawat inap sampai kebutuhan gizinya benar-benar terpenuhi. Sejauh ini jumlah kasus gizi buruk di Kota Depok, Jawa Barat memang terus mengalami penurunan.

Namun, kata Dewi, hal ini tidak menutup kemungkinan masih ada penderita baru setiap bulannya. Total, sepanjang tahun ini kasus tersebut baru ditemukan pada 30 balita. Sedangkan di tahun lalu tercatat ada 129 kasus gizi buruk dari 17 ribu balita.

Pemerintah Depok mengaharapkan partisipasi masyarakatnya dalam rangka membasmi masalah gizi buruk. Pemberian uang Rp 50 ribu sebagai hadiah diharap akan bisa dan mampu meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap sesama.

Bagaimana menurut kamu, apakah cara memberi hadiah Rp 50 ribu ini cukup ampuh untuk membasmi gizi buruk?

Comment di sini