4 Alasan Tinja Berbahaya

by
June 1st, 2012 at 11:37 am

Semua orang sudah tau bahwa tinja itu kotor namun tak banyak yang tau apa saja yang ada dalam kotoran manusia yang membuatnya jadi berbahaya. Walaupun sudah tau kalau tinja itu kotor dan tidak higienis namun masih saja ada orang yang buang air besar sembarangan.

Tinja ternyata mengandung bahan-bahan yang berbahaya bukan hanya karena sisa makanan yang tidak dapat dicerna oleh tubuh dikeluarkan namun juga karena mikroorganisme berbahaya bisa saja terkandung di dalamnya. Jika sampai pembuangan limbah seperti ini tidak ditangani dengan baik, bisa menimbulkan beragam penyakit.

1. Materi organik

Kotoran manusia (tinja) adalah sisa dan ampas makanan yang tidak dapat dicerna yang bisa saja berbentuk karbohidrat, protein, enzim, lemak, sel-sel mati dan juga mikroba. Dalam satu liter kotoran manusia terdapat materi organik yang setara dengan 200-300 mg BODS. Parahnya saat ini, 75% sungai yang ada di Jawa, Bali, Sumatera dan juga Sulawesi mengalami pencemaran berat oleh materi organik dari rumah penduduk. Pencemaran berat seperti ini menyebabkan air berbau tak sedap dan berwarna hitam.

2. Nutrien

Dalam tinja masih ada nutrien yaitu senyawa Nitrogen dan Fosfor yang dibawa oleh sel-sel mati dan juga sisa-sisa protein. Biasanya fosfor keluar dalam bentuk fosfat dan nitrogen keluar dalam bentuk amonium. Satu liter tinja bisa mengandung amonium seberat 25 gram dan juga fosfat 30 mg. Jika zat ini masuk ke dalam air hanya akan meningkatkan pertumbuhan ganggang air yang menghabiskan oksigen sehingga ikan dan juga hewan air lain akan mati.

3. Mikroba

Dalam tinja manusia ternyata terdapat miliaran mikroba temasuk juga bakteri koli-tinja. Banyak diantaranya termasuk dalam bakteri patogen yaitu bakteri yang dapat menyebabkan penyakit pada manusia seperti Salmonela typhi (tifus), Vibrio Cholerae (kolera), virus hepatitis A, dan juga polio. Di Indonesia sendiri, penyakit tifus sangat sering dijumpai.

4. Telur cacing

Jika seseorang cacingan, dapat dipastikan jika dalam tinjanya terdapat telur-telur cacing. Beragam cacing dapat hidup dalam perut kita seperti cacing gelang, cambuk, tambang dan keremi. Satu gram tinja dapat berisi ribuan telur yang siap berkembang dalam perut orang lain. Masih banyak anak cacingan di Indonesia oleh karena itu kita wajib menjaga kebersihan lingkungan.

Jangan buang air besar sembarangan ya! Ternyata kotoran yang kita buang itu mengandung beragam bahan berbahaya bagi lingkungan dan juga orang lain.

Comment di sini