CiriCara: 7 Cara Mendidik Anak di Era Globalisasi

by
June 1st, 2012 at 2:46 pm

Era Globalisasi tidak hanya mempengaruhi gaya hidup seseorang. Sekarang ini setiap orang dihadapkan pada banyaknya informasi yang dia dapat. Yang paling berat adalah menyaringnya. Di saat seperti sekarang, orang tua dituntut untuk mempersiapkan anaknya agar dapat menghadapi tantangan yang cukup beragam sebagai bagian dari Globalisasi.

Menyiapkan buah hati agar menjadi seseorang yang terampil 20 tahun mendatang. Mendidik anak menjadi generasi yang berkualitas bukan hanya dilakukan di sekolah tapi di awali dari lingkungan keluarga.

1. Mengajarkan cara bergaul yang tepat

Orang tua harus mengajarkan bagaimana cara bergaul yang tepat seperti berinteraksi dengan teman, bermain dan juga sopan terhadap teman. Biasanya anak adalah peniru ulung maka orang tua harus senantiasa menjadi figur yang memberi contoh dan teladan yang baik bagi anaknya. Jangan sampai anak dididik dengan cara yang salah.

2. Memperhatikan cara anak belajar

Cara belajar seseorang sangat beragam dan itu menentukan kemampuannya dalam menyerap, meniru dan mengamati informasi yang dia peroleh. Jika telah menemukan cara mengajar anak dengan tepat, anak-anak akan lebih percaya diri dan memiliki kecerdasan yang cemerlang.

3. Membantu dan mendorong anak untuk bergaul

Membiarkan anak selalu berada di rumah ternyata bukan hal yang bagus. Mengundang beberapa teman sebayanya untuk datang ke rumah dapat membantu anak mengatasi rasa malunya.

4. Memberi respon pada setiap tingkah laku anak

Anak-anak akan melakukan banyak kenakalan dan kelucuan. Sebagai orang tua yang baik, Anda harus memberikan pujian jika mereka melakukan hal yang baik dan marah jika anak melakukan hal yang jelek. Dengan ikatan seperti ini, anak dan orang tua akan memiliki ikatan yang kuat sehingga timbul kepercayaan pada anak. Lihat cara menanamkan sikap baik pada anak.

5. Membantu proses komunikasi

Anak masih memiliki kemampuan mengekspresikan diri yang terbatas. Untuk membantu buah hati mendapatkan pemahaman yang baik, gunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak-anak.

6. Mengajarkan disiplin dan fokus pada tujuan

Ini seperti menanamkan kebiasaan pada anak contohnya seperti kebiasaan bangun pagi. Jika anak dilatih untuk bangun pagi setiap hari, sampai kapanpun dia akan terbiasa dengan bangun pagi. Cara yang paling efektif adalah menggendong anak sampai ke kamar mandi.

7. Menggunakan gadget

Saat ini hampir semua anak menggunakan handphone. Pastikan anak tidak menggunakan gadget secara berlebihan, lebih baik lagi jika orang tua tidak memakai gadgetnya di depan anak-anak terlalu sering sehingga terkesan mengacuhkan mereka.

Nah bagaimana? Itu adalah 6 cara mendidik anak di Era Globalisasi. Memang tidak mudah memberi contoh yang baik. Jadi orang tua bukan pekerjaan mudah ya?!