Mobil Tanpa Pengemudi Akan Menghiasi Jalan Raya

by
June 1st, 2012 at 11:37 am
Google Driver-less Car

Image: Youtube/Google

Sepertinya tidak lama lagi para pengendara di Nevada, Amerika Serikat harus rela berbagi jalan-jalan yang biasa mereka lalui dengan mobil-mobil besutan Google yang mampu beroperasi tanpa sopir.

Departemen Kendaraan Bermotor Nevada (Nevada Department of Motor Vehicles) menilai bahwa dua perjalanan demo yang dilakukan sebelumnya di Las Vegas Strip dan Carson City cukup sukses. Atas keberhasilan ini mereka memberikan izin kepada Google untuk melakukan perjalanan demo ke level yang “lebih tinggi”.

Perjalanan demo itu sendiri direncanakan akan ditempuh dari Nevada ke California. Bila perjalanan ini berjalan sukses maka bukan tidak mungkin jika nantinya setiap mobil yang mampu berjalan sendiri ini akan memiliki SIM.

Mobil robot milik Google yang pertama kali mendapat izin dari Departemen Kendaraan Bermotor Nevada adalah sebuah Toyota Prius yang telah dimodifikasi. Seperti dikutip dari irishtribune.com (24/5), mobil ini dilengkapi dengan sebuah teknologi tanpa pengemudi milik Google yang dikembangkan oleh seorang profesor peneliti dari Stanford University yang juga menjabat sebagai Vice President di Google, Sebastian Thrun.

Cara kerja mobil-mobil tanpa kemudi ini sangat bergantung kepada kamera video, sensor radar, laser, dan database berisi informasi mengenai jalan-jalan yang akan mereka lalui. Atas pertimbangan ini, pihak Departemen Kendaraan Bermotor Nevada memberikan ketentuan bahwa setiap mobil tanpa pengemudi yang melakukan perjalanan demo harus dijaga oleh dua orang yang siap untuk mengambil alih dan mengendarai mobil tersebut secara manual jika diperlukan.

Comment di sini